BMKG Ungkap 12 Daerah di Indonesia Akan Diterpa Hujan Lebat Hari Ini, Hati-hati!

BMKG Ungkap 12 Daerah di Indonesia Akan Diterpa Hujan Lebat Hari Ini, Hati-hati!

BMKG Ungkap 12 Daerah di Indonesia Akan Diterpa Hujan Lebat Hari Ini, Hati-hati!-Dok.BMKG-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa akan ada 12 daerah di Indonesia yang akan mengalami hujan lebat hari ini pada Selasa, 13 Agustus 2024.

BMKG menjelaskan bahwa potensi hujan saat ini akan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor kompleks, seperti gangguan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) secara spasial dan gelombang Rossby Ekuatorial yang dapat meningkatkan peluang terjadinya hujan.

Selain itu, pertemuan dan perlambatan angin serta ketidakstabilan atmosfer juga turut mendukung pembentukan awan konvektif yang menyebabkan hujan.

Semua faktor ini saling berinteraksi dan berkontribusi terhadap terjadinya hujan, terutama di wilayah utara dan tengah Indonesia.

BACA JUGA:Awas! BMKG Peringati Gempa di 2 Megathrust Indonesia, Berpotensi Tsunami?

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, memberitahu bahwa sebagian besar wilayah Indonesia saat ini sedang mengalami musim kemarau dengan cuaca yang cerah hingga berawan.

Meski begitu, dalam beberapa hari ke depan, Indonesia masih berpotensi mengalami hujan terutama di bagian utara dan tengah.

"Meskipun demikian, dalam beberapa hari ke depan masih ada potensi hujan di beberapa wilayah Indonesia, terutama di bagian utara dan tengah," kata Dwikorita.

Daerah-daerah yang berpotensi mengalami hujan pada tanggal 13 Agustus 2024 adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Prospek Cuaca BMKG untuk 7 Hari ke Depan: 33 Wilayah Ini Potensi Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir

  • Hujan lebat:

- Aceh

- Gorontalo

- Papua Barat

- Kalimantan Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: