PDIP Klaim Banyak Kader Internal Diusung di Pilkada 2024

PDIP Klaim Banyak Kader Internal Diusung di Pilkada 2024

Hasto Kristiyanto saat sambutan sebelum pembacaan bacakada gelombang ketiga. dok: Candra Pratama-disway.id/Candra Pratama-

Alumnus Universitas Pertahanan (Unhan) itu, juga menyebut parpolnya banyak bekerja sama dengan partai lain dari 534 cakada yang sudah diusung pada pilkada serentak 2024.

Menurut Hasto, hal itu menandakan PDI Perjuangan menjadi partai yang bisa menjadi jembatan penghubung dengan pihak lain.

"Komposisi kerja sama dengan partai lain dari Golkar 9,2 persen, Gerindra 6,1 persen, PKB 5,1 persen, Demokrat 4 persen, PPP 3,7 persen, pan 3,3 persen, Nasdem 3,3 persen, Hanura 1,5 persen, PKS 1,4 persen, Perindo 1,3 persen, Gelora 0,3 persen," urainya.

BACA JUGA:KPU Berikan Sanksi Tegas Kepada Cakada yang Tak Laporkan Dana Kampanye: Pelantikan Akan Ditunda

BACA JUGA:Megawati Bakal Umumkan Bacakada Tahap Ketiga, Sementara Anies-Rano Belum Terlihat

"Partai Aceh 0,3 persen, PKN 0,2 persen, PBB 0,2 persen, PSI 0,2 persen, PNA (Partai Nangroe Aceh, red) 0,1 persen, sedangkan dari kalangan nonpartai 13,8 persen. Ini menunjukkan PDI Perjuangan menjadi jembatan persaudaraan parpol," lanjut pria kelahiran Yogyakarta itu.

Hasto mengatakan PDI Perjuangan pada pengumuman gelombang III sudah mengungkap dukungan bagi cakada di puluhan daerah.

Menurut dia, mayoritas cakada yang diumumkan didukung PDI Perjuangan pada gelombang III berasal dari kader internal.

"Lima calon gubernur dan tiga calon wakil gubernur yang berasal dari internal PDIP. Kedua, dark 38 kabupaten dan 16 kota, terdapat 30 calon kepala daerah dan 16 calon wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan," lanjutnya.

Hasto mengatakan pengumuman cakada gelombang III yang didukung PDI Perjuangan menandakan proses kaderisasi parpol berkelir merah berjalan di jalur tepat.

BACA JUGA:Dampak Pembatasan BBM Subsidi Terhadap Jasa Ekspedisi Diungkap Pengamat

BACA JUGA:Pembelian BBM Subsidi Akan Dibatasi Awal September, Ekonom INDEF: Bakal Terjadi Inflasi

"Jadi, menunjukkan proses kaderisasi yang berlangsung sistemik. Ibu ketum dan saudara sekalian demikian laporan kami untuk kemudian Bu Ketum memberikan surat dukungan," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: