Jokowi Tegaskan IKN Bukan Proyek: Keputusan Seluruh Rakyat!

Jokowi Tegaskan IKN Bukan Proyek: Keputusan Seluruh Rakyat!

Presiden Jokowi saat pimpin rapat kabinet terakhir di IKN-Tangkapan Layar/ YouTube Setkab-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo mengklaim keputusan untuk memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Nusantara sudah disetujui oleh rakyat.

“Jadi ini bukan keputusan presiden saja, tetapi juga keputusan seluruh rakyat Indonesia yang diwakili oleh seluruh anggota DPR yang ada di Jakarta. Supaya jangan ada sebuah kekeliruan persepsi bahwa ini adalah proyeknya Presiden Jokowi, bukan,” kata Jokowi dalam sambutan di Rakornas Baznas Tahun 2024, Istana Negara IKN, pada Rabu, 25 September 2024.

BACA JUGA:Pesawat Kepresidenan RJ85 Mendarat Mulus di Bandara IKN, Jokowi: Alhamdulillah Berjalan Baik

Jokowi mengatakan rencana pemindahan ibu kota di luar Jakarta sudah digagas sejak Presiden pertama RI Sukarno hingga era Orde Baru di bawah Presiden ke-2 RI Soeharto.

"Sehingga betul Bung Karno tahun 60-an sudah menggagas untuk kepindahan ibu kota, Pak Harto juga menggagas kepindahan ibu kota, kalau saya itu hanya mengeksekusi," imbuh Jokowi.

BACA JUGA:Jokowi Perintahkan Menhub Ubah Status Bandara Nusantara IKN

"Kemudian kita cek lagi saat itu saat setelah dilantik 2014, saya memerintahkan kepada kepala Bappenas untuk dilihat lagi gagasan-gagasan mengenai ibu kota baru sejak zaman Bung Karno, dilihat dulu kenapa Bung Karno memutuskan Palangkaraya coba dicek," ujar Jokowi.

Dikutip dari laman resmi IKN, Ibu Kota Nusantara akan dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai Visi Indonesia 2045.

BACA JUGA:Landing Test Bandara IKN Berhasil, Menhub: Sudah Bisa Digunakan Presiden

Dibangun dengan identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, serta mempercepat Transformasi Ekonomi Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: