Rampung! Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Temef di NTT 2 Oktober 2024, Ini Manfaatnya untuk Warga

Rampung! Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Temef di NTT 2 Oktober 2024, Ini Manfaatnya untuk Warga

Presiden Jokowi resmikan Bendungan Temef di NTT pada Rabu, 2 Oktober 2024--setkab.go.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Temef, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu, 2 Oktober 2024.

"Dan dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur," tutur Jokowi dalam peresmian Bendungan Temef di NTT yang dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI.

Diketahui, bendungan di wilayah NTT ini mulai dibangun sejak tahun 2017 dan menelan biaya hingga mencapai Rp2,7 triliun.

BACA JUGA:Antisipasi Kekeringan, Bendungan Kedung Gede di Bekasi Dinormalisasi

Dalam peresmian Bendung Temef ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin serta Pj. Gubernur NTT Andriko Noto Susanto.

Presiden Jokowi menyampaikan jika keberadaan air menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk masyarakat, khususnya di wilayah NTT.

"Air merupakan barang yang sangat vital yang kita butuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi di NTT, air begitu sangat pentingnya, sangat vital," ujar Presiden Jokowi yang dilansir dari setkab.go.id pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Lantaran, menurutnya air dapat menjadi kunci kemakmuran untuk wilayah NTT, terutama di bidang pertanian.

"Karena dengan air kita bisa menanam padi, karena dengan air kita bisa menanam singkong, karena dengan air kita bisa menanam jagung, utamanya sekali lagi, di NTT. Kunci kemakmuran di NTT adalah air. Tanpa air, jangan membayangkan provinsi kita NTT ini akan makmur dan sejahtera," lanjutnya.

BACA JUGA:Bendungan Sepaku Semoi Pasok Kebutuhan Air Baku IKN dan Balikpapan Hingga 16 Juta Meter Kubik

Adapun, bendungan Temef ini mempunyai luas genangan mencapai 298 hektar dan mampu untuk menampung sampai 45 juta meter kubik air.

Presiden mengatakan jika bendungan ini cukup besar dan memiliki banyak manfaat untuk masyarakat NTT.

Manfaat Bendungan Temef untuk Masyarakat

Hadirnya bendungan Temef di NTT ini tentunya memiliki banyak manfaat bagi masyarakat NTT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: