Peringati Hari Batik Nasional, APPBI DPD DKI Jakarta Gelar Batik Nusantara Festival

Peringati Hari Batik Nasional, APPBI DPD DKI Jakarta Gelar Batik Nusantara Festival

Peringati Hari Batik Nasional, APPBI DPD DKI Jakarta Gelar Batik Nusantara Festival-Disway/Cahyono-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta menggelar Batik Nusantara Festival di Emporium Pluit Mall, Penjaringan, Jakarta Utara.

Batik Nusantara Festival tersebut digelar sejak 27 September-6 Oktober 2024 dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2024.

BACA JUGA:Ini Kiat Kemenperin Atasi Industri Batik di Indonesia yang Melemah

BACA JUGA:Cuma Hari ini! Pakai Batik Bisa Dapat Promo Makanan dan Minuman, Ada Es Teler 77 hingga Kopi Soe

Ketua APPBI DPD DKI Jakarta, Mualim Wijoyo mengatakan, batik merupakan prioritas pengembangan perekonomian karena dinilai mempunyai karakter dan daya saing besar dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

"Produk batik juga banyak diminati pasar global, contohnya batik lokal (dalam negeri) buatan karya anak bangsa Indonesia semakin berdaya saing dan mampu menghasilkan batik-batik yang diminati pasar dengan harga yang terjangkau di setiap tingkatan pangsa pasar dan menghasilkan profit yang baik untuk pelaku usahanya," kata Mualim pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Saat ini pun, lanjut Mualim, kita dapat melihat pemanfaatan beragam dari batik itu sendiri seperti fashion, aksesoris, fumiture, perlengkapan rumah tangga, dekorasi interior eksterior dan lain- lain. 

Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak melestarikan kain batik.

BACA JUGA:Tak Hanya Warisan Budaya, Batik Jadi Identitas Bangsa Indonesia

BACA JUGA:Hari Batik Nasional, PNM Berdayakan Pengrajin Batik Lewat Teknik Ecoprint di Kampung Madani

Terlebih di era yang serba modern ini, batik tak hanya balutan kain semata dan keindahan batik tercipta lantaran sarat akan nilai, tradisi, dan budaya di setiap goresan motifnya.

Lebih lanjut Mualim mengatakan, hari ini merupakan Prosesi Selebrasi Peringatan Hari Batik Nasional 2024 yang diselenggarakan APPBI DPD DKI Jakarta yang bekerjasama dengan Emporium Pluit Mall.

Emporium Pluit Mall selaku tuan rumah event Hari Batik Nasional, menyelenggarakan rangkaian kegiatan menarik dari Tanggal 27 September sampai dengan 6 Oktober 2024 di Main Atrium Emporium Pluit Mall dengan mengusung tema Batik Nusantara Festival.

Rangkauan event festival batik tersebut seperti pameran busana batik, pertunjukan special Voice of Indonesia, Workshop Nusantara, Batik Family Fashion Show Competition dan Lomba Fashion Show Batik antar mall DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: