Cek Fakta Gempa Megathrust Sudah Tersebar di 12 Kota Jawa Tengah, BMKG Ungkap Kebenarannya

Cek Fakta Gempa Megathrust Sudah Tersebar di 12 Kota Jawa Tengah, BMKG Ungkap Kebenarannya

Cek Fakta Gempa Megathrust Ada di 12 Kota Indonesia, BMKG Ungkap Kebenarannya---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Cek Fakta tentang kabar yang menyebutkan bahwa adanya gempa megathrust yang sudah tak lagi dapat dicegah dan akan segara terjadi di Indonesia.

Beredar info di media sosial bahwa prediksi gempa bumi Megathrust akan terjadi usai terdeteksi di 12 kota di wilayah Jawa Tengah, salah satunya disebut bakal terjadi di Cilacap.

Apakah informasi akan terjadinya gempa Megathrust tersebut benar adanya? Pihak BMKG bilang begini.

Lewat akun resminya di Instagram @infobmkg pada Senin, 7 Oktober 2024 kemarin, BMKG menegaskan bahwa informasi itu bukan bersumber dari BMKG.

BACA JUGA:BPBD Ungkap Kemungkinan Bekasi Beresiko Mengalami Gempa Megatrusht, Personel Selalu Siaga 24 Jam

Selain itu informasi gempa Megathrust di 12 kota di Jawa Tengah sama sekali tidak mempunyai dasar ilmiah yang valid atau yang dapat dijamin kebenarannya.

BMKG adalah Lembaga resmi pemerintah yang memiliki tugas utama dalam memantau aktivitas gempa bumi dan memberikan peringatan dini tsunami.

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas keselamatan masyarakat, BMKG selalu mengedepankan informasi berdasarkan data ilmiah yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Maka dari itu BMKG sendiri mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya pada informasi yang berasal dari sumber yang tidak resmi dan tidak bertanggung jawab. 

BACA JUGA:Ada Ancaman Gempa Megathrust, BPBD Jakarta Gelar Simulasi Mitigasi Serentak Oktober 2024

Penting bagi masyarakat untuk mencari informasi yang valid mengenai gempa bumi, tsunami, dan potensi bencana lainnya dengan merujuk pada sumber resmi seperti website BMKG atau aplikasi mobile info BMKG.

Selain itu, kami ingin mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti instruksi dari pemerintah setempat dalam penanganan bencana.

Meskipun demikian, sama sekaloi jelas tidak perlu panik terhadap berita yang belum jelas kebenarannya. Ketenangan dan kerjasama masyarakat sangat diperlukan dalam situasi darurat seperti ini.

Hoaks merupakan ancaman serius yang dapat memperburuk situasi darurat. Kami meminta kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam melawan penyebaran hoaks demi menjaga ketenangan dan keamanan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: