AI Jadi Kebutuhan Pasar Kerja, Pentingnya Pengembangan Skill Lewat Pelatihan

AI Jadi Kebutuhan Pasar Kerja, Pentingnya Pengembangan Skill Lewat Pelatihan

Raghav Gupta, Managing Director, Asia Pacific, Coursera.-Coursera-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Direktur Eksekutif Prakerja Denni Puspa Purbasari mengungkapkan bahwa tantangan terbesar pasar tenaga kerja di Indonesia adalah perubahan kebutuhan keterampilan.

"Tantangan terbesar kita adalah bagaimana mengenai perubahan kebutuhan keterampilan dan meenemukan penyedia pelatihan yang sesuai. Ini adalah misi tanpa akhir bagi Prakerja, karena keterampilan ini akan terus berkembang," ungkap Denni dalam keterangannya, dikutip 17 Oktober 2024.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, ia mengatakan perlunya kemitraan dengan penyedia pelatihan, sehingga bersama membangun masa depan yang lebih inklusif serta tangguh.

BACA JUGA:Wajib Belajar 13 Tahun Mulai Dipercepat Penerapannya, Anak Diajari 4 Bahasa

"Prakerja terus menjaga relevansi pelatihannya dengan menanalisis kebutuhan pasar kerja melalui berbagai portal lowongan, sementara kualitas pelatihan juga dijaga melalui kurasi untuk memastikan hasil pembelajaran benar-benar efektif," lanjutnya.

Dalam hal ini, pihaknya pun bekerja sama dengan platform kursus Coursera yang menawarkan berbagai pembelajaran, termasuk artificial intelligence (AI) yang banyak dibutuhkan saat ini.

Coursera sendiri baru saja meluncurkan program gelar baru, 8 sertifikat profesional, 20 sertifikat, dan spesialisasi generative AI, serta kemampuan berbasis AI pada Coursera Connect Regional 2024 di Indonesia.

Hal ini bertujuan membantu para pelajar dan institusi dalam memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja yang dinamis, meningkatkan kecakapan digital, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Upaya pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan tenaga kerja yang siap menghadapi era digital sangat menginspirasi kami, dan sejalan dengan hal tersebut, Coursera berkomitmen untuk menjadi mitra utama untuk mencapai tujuan ini," ungkap Managing Director Asia Pacific Coursera Raghav Gupta.

Program gelar baru dari University of London (UoL) yang baru dibuka yakni International Foundation Programme (IFP) di bidang Ilmu Komputer.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Tak Bisa Maksimalkan 'Peluru Mewah' Garuda, Bung Towel: STY Gak Punya Jurus Lain

Kemudian, 6 Sertifikat Profesional tingkat pemula yang menawarkan pelatihan AI praktis dan spesifik dari pakar industri Google, mulai dari Google Cybersecurity, Google Data Analytics, Google Digital Marketing & E-commerce, Google IT Support, Google Project Management, dan Google UX Design, kini disempurnakan dengan pembaruan GenAI.

Spesialisasi yang juga baru dibuka dari IBM dan Microsoft akan mengajarkan keterampilan GenAI yang disesuaikan dengan peran pekerjaan, membantu pelajar menerapkan AI dalam pekerjaan mereka dan meningkatkan produktivitas.

Pihaknya turut menggandakan katalog konten dalam bahasa Indonesia, sehingga kini telah tersedia lebih dari 4.700 kursus yang telah diterjemahkan secara menyeluruh, baik untuk semua pelajar maupun perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: