Begini Langkah KAI Ciptakan Ruang Aman Bagi Perempuan di Transportasi Umum

Begini Langkah KAI Ciptakan Ruang Aman Bagi Perempuan di Transportasi Umum

Gerbong Khusus Wanita dalam Rangkaian Commuter Jabodetabek-Disway.id/Sabrina Hutajulu-

JAKARTA, DISWAY.ID - KAI telah menerima penghargaan dari Komnas Perempuan kategori pelopor “Membangun Ruang Aman dari Kekerasan” dalam acara Peringatan 26 Tahun Komnas Perempuan dan Apresiasi Mitra Komnas Perempuan

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir KAI telah meluncurkan berbagai program inisiatif untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

BACA JUGA:Kaum Disabilitas Pun Mampu Bekerja dan Berpenghasilan, KAI Service Beri Bukti Nyata!

BACA JUGA:Pria di Tangerang Dibacok Gerombolan, Disiram Air Keras Pakai Gayung

KAI kata Anne terus berupaya untuk berkolaborasi dengan komunitas pecinta kereta api dan instansi terkait untuk menjalankan program kampanye mengeni stop kekerasan berbasis gender dan kekerasan lainnya di lingkungan KAI Group

"Selain itu, KAI juga menyediakan fasilitas yang ramah perempuan dan anak, seperti ruang laktasi bagi Ibu menyusui serta area bermain anak di stasiun dan toilet terpisah bagi wanita dan pria baik di stasiun maupun kereta,” jelas Anne Kamis 17 Oktober 2024.

Selain untuk layanan kereta api lanjut Anne, KAI juga berupaya memberikan perlindungan untuk para perempuan seperti di layanan Commuterline. 

BACA JUGA:Kabar Gembira! KA Progo Relasi Pasar Senen-Lempuyangan Kini Gunakan Gerbong New Generation

"Pada layanan Commuterline, KAI memberikan pin khusus bagi ibu hamil serta menyediakan gerbong khusus perempuan,” tambahnya.

KAI saat ini juga berupaya mencegah aksi pelecehan dengan melengkapi layanan Commuterline dengan sistem CCTV Analytic. 

CCTV Analytic yaitu sistem CCTV yang dapat mengidentifikasi melalui rekam wajah pelaku tindak pelecehan maupun tindak kriminal lainnya yang sudah menjadi data base pada system. 

BACA JUGA:Pelecehan Seksual Jadi Momok di KRL, Pengguna: Nggak Masalah Tarif Naik Asal Gerbong Khusus Wanita Ditambah

"Sistem ini dirancang untuk mencegah pelaku pelecehan atau tindak kriminal lainnya masuk kembali ke area stasiun,” terang Anne.

Anne mengatakan KAI berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya untuk menghentikan bentuk prilaku kekerasan apapun di lingkungan kereta api secara kontinu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: