Sambut Nataru, KAI Maksimalkan Persiapan Mulai dari Stasiun hingga Ramp Check Lokomotif
KAI berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025 terutama dari prasarana kereta api. -Dok. KAI-
JAKARTA, DISWAY.ID - KAI telah menyiapkan berbagai langkah strategis guna memastikan kenyaman dan keselamatan perjalanan kereta api di seluruh wilayah operasional Divisi Regional maupun Daerah Operasi pada momen nataru.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan KAI berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025 terutama dari prasarana kereta api.
BACA JUGA:KAI Selamatkan Aset Negara Tanah dan Bangunan Senilai Lebih dari Rp1 Triliun
BACA JUGA:Ketep Summit Festival 2022 Digelar Meriah Dengan Panorama Gunung Merapi-Merbabu
“Kami telah mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk mendukung kelancaran dan keamananan perjalanan kereta api jelang angkutan Natal dan Tahun Baru," kata Anne Senin 25 November 2024.
"Pada aspek SDM seluruh petugas operasional, termasuk masinis dan asisten masinis telah siap menjalankan standar operasional prosedur. Petugas frontliner termasuk kondektur, prama/prami, dan customer service juga dipastikan memberikan pelayanan dengan sepenuh hati,” tambah Anne.
Dari segi fasilitas lanjut Anne KAI telah melakukan persiapan secara maksimal, mencakup area stasiun, perjalanan di atas kereta, hingga flow penumpang keluar area stasiun.
“Kebersihan stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, dan kereta terus dijaga demi memberikan kenyamanan bagi pelanggan,” ungkap Anne.
BACA JUGA:KAI Catat Pelanggan KA Panoramic, Compartment dan New Generation Terus Meningkat Signifikan
BACA JUGA:Kereta Panoramic Jadi Primadona Baru, Yuk Intip Fasilitas Ciamik Nan Canggihnya!
Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api selama periode Nataru, KAI menyiapkan petugas perawatan prasarana yang siap sedia 24 jam untuk mengawal perjalanan KA dan menambahkan personil siaga yang ditempatkan di lokasi prioritas seperti perlintasan tidak terjaga dengan volume lalu lintas tinggi dan daerah pemantauan khusus (Dapsus).
“Petugas prasarana ekstra akan dialokasikan untuk daerah dengan kebutuhan operasional tinggi, sebanyak 777 tenaga tambahan meliputi Penjaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), dan Petugas Dapsus di area Jawa dan Sumatera. Pelatihan intensif telah diberikan juga kepada seluruh petugas pemeriksa dan perawatan untuk meningkatkan keahlian personil di lapangan,” tandas Anne.
Di samping itu, KAI turut memastikan keandalan sarana dan prasarana dengan melakukan ramp check.
“Ramp check atau pemeriksaan kelayakan dan kesiapan lokomotif dilakukan untuk menjamin kereta api dalam kondisi prima,” ujar Anne.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: