OCA Indonesia Jadi Solusi UMKM Permudah Kelola Layanan Pasca Penjualan
OCA Indonesia Jadi Solusi UMKM Permudah Kelola Layanan Pasca Penjualan-Telkom-
JAKARTA, DISWAY.ID-- Mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah kompetisi yang ketat merupakan tantangan tersendiri bagi pelaku usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Tetapi tantangan tersebut bisa tersolusikan dengan memanfaatkan teknologi seperti yang ditawarkan oleh OCA Indonesia (OCA), salah satu produk unggulan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).
BACA JUGA:Keren, Telkom Perkaya Fitur PaDi UMKM, Pelaku UMKM Makin Mudah Pasarkan Produk
BACA JUGA:Luar Biasa, Program GoZero dari Telkom Sukses Sabet Penghargaan ESG Sustainability Ratings 2025
OCA memiliki layanan OCA Interaction Lite, sebuah platform Customer Relationship Management (CRM) yang membantu UMKM mengelola interaksi dengan pelanggannya secara efisien.
Selain itu, OCA Interaction Lite juga mampu mendukung UMKM dalam meningkatkan layanan after sales yang dapat berdampak terhadap loyalitas pelanggan dan meningkatkan citra merek mereka.
Meskipun memiliki peran penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, tetapi layanan after sales kerap menjadi aspek yang terabaikan oleh UMKM.
BACA JUGA:7 Program Unggulan Telkom di Bidang Lingkungan Sukses
Umumnya dikarenakan keterbatasan sumber daya yang membuat interaksi UMKM dengan pelanggan menjadi kurang efektif maupun kurang cepat.
Pemanfaatan platform yang memberikan layanan CRM bisa menjadi solusi karena tidak membutuhkan banyak sumber daya.
Platform CRM yang digunakan pun akan semakin optimal jika mampu mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi.
Solusi yang diberikan lewat platform CRM bisa mempercepat respons kepada pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan mereka.
BACA JUGA:Telkom Hadirkan Pijar Sekolah, Tingkatkan Efisiensi Kerja Guru Kelola Laporan Hasil Belajar Siswa
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: