Musim Mudik 2022, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Musim Mudik 2022, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Ilustrasi/Siap Hadapi Arus Mudik, Pertamina Siagakan Layanan Pengisian BBM-pertamina-

JAKARTA, DISWAY.ID-Musim mudik 2022, pemerintah memastikan stok dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) terkendali dan cukup. 

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati menjelaskan, BBM jenis Pertalita cukup sampai 17 hari ke depan, Pertamax cukup 32 hari, Pertamax Turbo cukup untuk 59 hari, Solar cukup 21 hari, Dexlite atau Pertamina Dex cukup untuk 72 hari, Avtur cukup 37 hari dan kerosine cukup untuk 45 hari.

"Kalau direratakan, BBM itu cukup ketahanannya sampai 21 hari," jelas Erika dalam telekonferens Senin 25 April 2022.

Kebutuhan masyarakat terhadap gasoline kata Erika, diproyeksi naik kurang lebih 5 persen. Sebab, terjadi peningkatan arus mudik, terutama menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor.

BACA JUGA:Pertamina Bakal Kerahkan Pasukan Motoris, Antar Bahan Bakar di Kemacetan Tol Palikanci-Pejagan

Untuk gasoil diproyeksi mengalami penurunan 5 persen. Pasalnya, terdapat kebijakan pembatasan kendaraan logistik dan truk besar yang masuk ke jalan tol dan non tol.

"Jadi, bisa dipastikan selama masa mudik Lebaran ini, Insya Allah stok BBM kita cukup dan tersedia untuk semua masyarakat,” serunya.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menambahkan, Pertamina juga melakukan build-up stock untuk menjamin pasokan BBM aman, terutama di jalur ramai pemudik. 

"Memang dominasi di jalur utara (Jawa), tapi kami antisipasi juga di beberapa jalur seperti jalur Merak-Bakauheni, itu akan terjadi peningkatan dan kami sudah antisipasi,” tuturnya.

BACA JUGA:Jamin Pasokan BBM dan LPG di Libur Lebaran 2022, Pertamina Turunkan Satgas RAFI

Adapun, dipastikan juga stok Solar aman terkendali. 

"Untuk stok solar di Trans Sumatera dan Trans Jawa, kita memiliki integrated data dan command center jadi kita pantau stok SPBU di jalur tersebut. Kami juga sudah melakukan kunjungan bersama BPH Migas dan Kementerian ESDM untuk memastikan ketersediaan bagi angkutan logistik,” pungkas dia.(len/jp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Cirebon