Jamin Pasokan BBM dan LPG di Libur Lebaran 2022, Pertamina Turunkan Satgas RAFI

Jamin Pasokan BBM dan LPG di Libur Lebaran 2022, Pertamina Turunkan Satgas RAFI

Satgas Rafi Pertamina Dimulai, Pertamina Tambah Rata-rata Harian Stock BBM dan LPG-pertamina-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pertamina kembali menurunkan Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun 2022.

Satgas RAFI siap mengamankan pasokan dan distribusi BBM dan LPG selama arus mudik Lebaran tahun 2022.

Satgas efektif sudah berjalan sejak tanggal 11 April 2022 hingga 10 Mei 2022.

“Seluruh pekerja Subholding Pertamina mulai dari Upstream, Pengolahan, Perkapalan, Pemasaran Hingga Gas bekerja bersama untuk memastikan kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik,” ujar Mulyono, selaku Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina sekaligus Ketua Satgas RAFI.

“Satgas RAFI akan bekerja 24 jam untuk memastikan kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik.  Seluruh infrastruktur distribusi energi sudah siap mengamankan pasokan BBM dan LPG" tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga (PPN) Subholding Commercial & Trading (C&T) Alfian Nasution menyampaikan bahwa  secara umum stock dan penyaluran BBM & LPG Pertamina saat ini dalam kondisi aman dan berjalan lancar. 

BACA JUGA:Mulai 28 April 2022, Polri Terapkan Ganjil Genap dan One Way dari Tol Japek Hingga Kaliangkung

Pertamina menyiapkan tambahan stok sesuai dari perhitungan proyeksi rata-rata konsumsi untuk masing-masing produk. 

“Produk gasoline dimasa satgas tahun 2022 diperkirakan meningkat 11% dari tahun 2021, yaitu dari 90 ribu KL per hari menjadi 100 ribu KL per hari, Untuk produk Gasoil dimasa satgas 2022 ini meningkat 24% menjadi 44 ribu KL per hari, dibandingkan satgas tahun lalu 36 ribu KL per hari” jelas Alfian. 

Alfian juga menambahkan,  puncak kenaikan konsumsi  gasoline ada pada H-1, dan H+1 (arus mudik) dan saat arus balik H+5.

Sedangkan produk diesel, akan terjadi penurunan karena pembatasan truk besar pada H-4 sampai dengan H-1 (saat arus mudik) dan saat H+5 sampai  dengan H+7 saat arus balik, sehingga mengakibatkan adanya penurunan demand gasoil.

BACA JUGA:Kondisi Terbaru Ade Armando Saat Ini, Alami Pendarahan di Kandung Kemih, Apa Itu?

“Untuk produk LPG baik PSO dan Non PSO ada kenaikan 3% dari satgas 2021, yaitu dari 25 ribu metric ton per hari menjadi 27 ribu metrik ton per hari. Khusus LPG PSO, estimasi satgas 2022 ada peningkatan 6% dari satgas 2021,” terangnya.

Dikarenakan adanya pelonggaran aturan perjalanan, mendorong mobilisasi masyarakat cenderung meningkat sehingga diperkirakan realisasi konsumsi avtur di satgas 2022 meningkat hingga 57% dibanding tahun 2021, yaitu dari 5.434 KL per hari menjadi 8.527 KL per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: