bannerdiswayaward

UMKM Binaan Pertamina Raup Transaksi Rp 1,2 M di Hari Pertama Inacraft 2025

UMKM Binaan Pertamina Raup Transaksi Rp 1,2 M di Hari Pertama Inacraft 2025

Booth Pertamina dalam Pameran Inacraft 2025.-ist-

JAKARTA, DISWAY.IDPT Pertamina (Persero) mencatat capaian gemilang di ajang Indonesia International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2025. Baru di hari pertama pameran, Rabu (1/10/2025), sebanyak 32 UMKM binaannya sukses membukukan transaksi lebih dari Rp 1,2 miliar.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyebut capaian ini tak lepas dari persiapan panjang, mulai dari kurasi produk, pelatihan branding, packaging, storytelling, hingga coaching clinic dan penataan booth.

“Capaian transaksi hari pertama ini menggambarkan kegigihan UMKM dalam mempersiapkan produknya untuk Inacraft. Sehingga bisa langsung membukukan penjualan yang baik,” kata Fadjar dalam konferensi pers daring, Kamis (2/10/2025).

BACA JUGA:Riset Meta: Hampir Setahun Berjalan, 91 Persen Ortu di Indonesia Setuju Ada Akun Medsos Khusus Remaja

BACA JUGA:79 Siswa SMP di Banjar Diduga Keracunan MBG, 41 Masih Dirawat

Beberapa UMKM binaan tampil mencolok. Kainnesia, milik Nur Salam asal Yogyakarta, langsung mengantongi pesanan seragam dan souvenir senilai lebih dari Rp 300 juta dari perusahaan pelayaran serta kementerian.

Tak kalah bersinar, Smart Batik (CV Smart Batik Indonesia) milik Miftahudin Nur Insan juga membukukan transaksi lebih dari Rp 125 juta. Produk unggulannya, Batik Sawit ramah lingkungan, menarik perhatian banyak buyer domestik maupun internasional.

“Kesempatan tampil di Inacraft bersama Pertamina memberikan dampak besar bagi Smart Batik, bukan hanya dari sisi penjualan, tetapi juga peluang jejaring baru,” ujar Miftahudin.

Produk Batik Sawit yang diusung Smart Batik sebelumnya sudah mencuri perhatian publik. Batik ini pernah dipakai Presiden Prabowo Subianto, sejumlah menteri, hingga artis nasional di panggung Anugerah Komedi Indonesia 2025.

Fadjar menegaskan dukungan terhadap UMKM merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan Pertamina. Program ini juga sejalan dengan visi Asta Cita, khususnya mencetak lapangan kerja berkualitas dan mengembangkan industri kreatif.

BACA JUGA:Dasco Angkat Bicara Soal Gugatan Pensiun DPR: Kami Akan Patuh Putusan MK

BACA JUGA:Ucapan Menkeu Purbaya 'Kilang Dibakar' Tuai Reaksi Keras Serikat Pekerja Pertamina

“Pertamina konsisten mendorong lahirnya wirausaha baru yang berdaya saing global. UMKM harus jadi motor pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia,” ujarnya.

Dalam Inacraft 2025 yang berlangsung hingga 5 Oktober di Jakarta Convention Center (JCC), Pertamina menampilkan 32 UMKM binaan. Rinciannya:

  • 18 UMKM wastra, kriya, fesyen, dan aksesori di Lobby Hall A.
  • 6 UMKM makanan dan minuman di Talam Hall B.
  • 7 UMKM co-branding di booth mandiri.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Berita Terkait

Close Ads