Jokowi Lakukan Groundbreaking Pusat Pelatihan Sepakbola Nasional di IKN, 'Timnas Kita harus Mendunia!'

Jumat 22-09-2023,19:08 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam kunjungannya ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan pusat pelatihan sepak bola nasional atau National Training Center di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat 22 September 2023.

Adanya pembangunan fasilitas tersebut, maka maka Indonesia akan memiliki pusat pelatihan sepak bola nasional yang pertama.

BACA JUGA:Kembali Kunjungi IKN, Ini Deretan Agenda Penting Jokowi, Jumat 22 September 2023

Sehingga memudahkan para atlet melakukan latihan dengan terpusat dan terigtegrasi. 

Indonesia sebenarnya telah memiliki banyak stadion bertaraf internasional di berbagai kota di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga di Papua. 

“Kita sudah miliki stadion bertaraf internasional tapi belum memiliki tempat latihan yang terpusat dan terintegrasi, sehingga timnas kalau latihan pindah-pindah. Oleh sebab itu, alhamdulillah pada pagi hari ini akan kita groundbreaking National Training Center untuk sepak bola Indonesia,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan resminya, Jumat 22 September 2023. 

BACA JUGA:DKI Jakarta Akan Diganti jadi DKJ, Ibu Kota Negara Pindah ke IKN

Pusat pelatihan yang dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare ini nantinya akan dilengkapi dengan delapan lapangan dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang terintegrasi dengan pembangunan IKN.

“Pusat pelatihan ini akan dilengkapi dengan asrama juga dengan lingkungan yang tadi kita lihat di gambar sangat indah dan sangat cantik, sehingga kita harapkan nanti yang training di sini betah,” ungkap Jokowi.

“Dan, jauh dari keramaian, tidak seperti Jakarta, pagi latihan, malamnya enggak latihan, kalau di Jakarta. Kalau di sini ndak, kalau malam tetap latihan,” tambahnya.

BACA JUGA:47 Tower ASN dan Hankam Mulai Dibangun di IKN Nusantara

Menurut Jokowi, tempat ini nantinya tidak hanya digunakan sebagai pusat pelatihan saja, tetapi juga menjadi pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia yang memfasilitasi riset serta pengujian teknologi terbaru dalam olahraga sepak bola. 

Karena itu, Presiden meyakini fasilitas ini akan berperan penting dalam kemajuan persepakbolaan nasional.

“Saya yakin sepak bola Indonesia dengan adanya National Training Center ini, jika didukung manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, serta kecintaan besar masyarakat Indonesia terhadap sepak bola,,” jelasnya.

BACA JUGA:PLN Siapkan Sistem Listrik Hijau dan Canggih untuk Istana Kepresidenan di IKN

Kategori :