47 Tower ASN dan Hankam Mulai Dibangun di IKN Nusantara

47 Tower ASN dan Hankam Mulai Dibangun di IKN Nusantara

TEMPAT TINGGAL ASN: Maket tower untuk Rusun ASN di Ibukota Negara (IKN) Nusantara-Kementerian PUPR-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sebanyak 47 tower atau rumah susun (rusun) mulai dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan.

Pembangunan 47 tower ini dilakukan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan target selesai seluruhnya 19 bulan ke depan atau pada Desember 2024.

Puluhan tower tersebut nantinya diperuntukkan untuk rusun bagi aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai pertahanan keamanan (hankam).

BACA JUGA:Livia Bos PO Sembodo Disebut Rian Mahendra Tarik 4 Bus MTI: Biarlah Waktu yang Menjawab

"Kami mendapat challenge dari Bapak Menteri, minimal pada Juli 2024 sudah terbangun 12 tower beserta meubeler-nya, sehingga sudah dapat langsung dihuni,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Lokasi rusun ASN-hankam tersebar di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan IKN sub-WP 1A dengan total lahan seluas 45,91 hektare.

Secara keseluruhan dari 47 tower rusun ASN-hankam memiliki total 2.820 unit dengan tipe 98 meter persegi untuk tiap unitnya. Pembangunan rusun terdiri dari  31 rusun untuk ASN dengan jumlah 1.860 unit untuk menampung 5.580 orang.

Kemudian rusun hankam terdiri dari 7 rusun untuk anggota Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta 9 rusun untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan total 960 unit menampung 2.880 personel.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Miss Universe Indonesia Kini Naik Penyidikan

“Masing-masing tower-nya setinggi 12 lantai, terdiri dari lantai 1 dan 2 dimanfaatkan untuk podium fasos/fasum (fitness, public space, dan sebagainya), sedangkan 10 lantai sisanya untuk hunian. Setiap unitnya disiapkan tiga kamar tidur. Jadi di dalam satu unit tersebut terdapat masing-masing kamar tidur untuk satu orang,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, pembangunan 47 tower ASN-hankam merupakan dukungan untuk proses pemindahan ASN secara bertahap ke IKN yang dimulai tahun 2024.

“Pembangunan 47 tower rusun yang telah dimulai dengan menggunakan dana APBN senilai Rp9,4 triliun. Sisanya akan menyusul dibangun rusun dengan pendanaan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU),” kata Iwan.

Dalam proses pembangunan rusun ASN-hankam di IKN, ujar Iwan, pihaknya menerapkan sedikitnya tiga kriteria pelaksanaan pembangunan dengan prinsip environmental, social, and governance (ESG) atau lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST).

BACA JUGA:Prabowo Subianto Ganti Nama Koalisi, Cak Imin Tanya KKIR Sudah Bubar Ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: