Ini Waktu Gerhana Bulan Terakhir di Tahun 2023 yang Bakal Segera Muncul, Berikut Penjelasannya

Selasa 17-10-2023,15:19 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKRTA, DISWAY.ID - Akhir bulan Oktober 2023 akan muncul gerhana bulan sebagian terakhir di tahun ini, simak penjelasannya di sini.

Fenomena gerhana Bulan sebagian diperkiraan muncul di langit Indonesia pada 29 Oktober 2023 malam hari.

Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut bahwa fenomena gerhana bulan sebagian ini menjadi yang terakhir pada 2023.

BACA JUGA:Wilayah Indonesia Bisa Lihat Langsung Gerhana Bulan Penumbra Malam Ini

Gerhana bulan adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, sehingga Bumi menutupi sinar matahari yang biasanya mengarah langsung ke Bulan.

Fenomena ini menyebabkan Bulan masuk ke dalam bayangan Bumi, yang disebut umbra, atau melalui bagian penumbra bayangan Bumi.

Gerhana bulan bahkan bisa menjadi salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan, plus terjadi hanya pada saat fase purnama.

Gerhana Bulan sebagian atau gerhana Bulan parsial adalah jenis gerhana Bulan di mana Bulan hanya sebagian masuk ke dalam bayangan Bumi.

BACA JUGA:Allahuakbar! Ini Wujud Gerhana Matahari Hibrida di Jakarta yang Tengah Berlangsung, Semat Tertutup Awan

Jadi ketika gerhana Bulan sebagian terjadi, Anda dapat melihat sebagian Bulan masih terang, sementara bagian lainnya berada dalam bayangan Bumi (umbra atau penumbra), dan mungkin tampak gelap atau berwarna kemerahan, tergantung pada sejauh mana Bulan masuk ke dalam bayangan tersebut.

Simak, inilah jadwal dan lokasi gerhana Bulan sebagian di Indonesia

Jadi fenomena gerhana Bulan sebagian disebut bakal terjadi pada 28 Oktober 2023 malam waktu universal (UT) atau pada 29 Oktober 2023 dini hari waktu Indonesia.

Dipastikan semua wilayah yang ada di Indonesia bisa melihat fenomena gerhana bulan setengah.

BACA JUGA:Kapan Waktu Mulai Salat Gerhana Matahari? Begini Tata Cara yang Benar, Jangan Sampai Lupa Niatnya!

Wilayah Indonesia bagian barat bisa melihat fenomena gerhana bulan sebagian tepat setelah tengah malam, atau pada Minggu 29 Oktober 2023 dini hari WIB.

Kategori :