Hari Jadi Berubah, Persib Kini Berusia 100 Tahun Lebih

Senin 18-12-2023,10:36 WIB
Reporter : Subroto Dwi Nugroho
Editor : Subroto Dwi Nugroho

Prof. Kunto juga menjelaskan, di antara lima titik mangsa yang ditemukan oleh tim peneliti, tanggal 5 Januari 1919 merupakan hasil interpretasi yang paling logis karena didukung oleh fakta sejarah yang kuat (primer). 

BACA JUGA:Dua Kandidat Pelatih Bakal Gantikan Luis Milla di Persib Bandung

BACA JUGA:Haru! Pesan Terakhir Luis Milla Usai Resmi Mundur Sebagai Pelatih Persib Bandung: Sulit, Tapi Harus Saya Putuskan!

Di luar tanggal tersebut empat titik mangsa lainnya adalah 11 Juli 1914, 19 Mei 1923, 22 Oktober 1928 dan 18 Maret 1934.

" Setelah melewati langkah-langkah ilmiah yang lumayan panjang, termasuk uji publik melalui Focus Group Discussion (FGD) secara terbuka, kami berkeyakinan untuk menyimpulkan bahwa tanggal 5 Januari 1919 bisa dijadikan sebagai hari jadi Persib,” kata Prof. Kunto.

Dasar penetapan 5 Januari 1919 sebagai hari jadi Persib adalah adanya momen kesepakatan dalam vergadering (rapat) 13 klub pribumi.

13 Klub seperti KBS, BB (Bintang Bandoeng), STER (Steeds trappen en rennen), Diana (Doe is alles niet achteruit), Zwaluw, BIVC, BVC, KVC, VVC, Visser, NVC, Brom dan Pasar Ketjil untuk mendirikan sebuah bond atau perserikatan bernama Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond (BIVB). 

BACA JUGA:6 Klub Liga Indonesia Dapat Lisensi Persyaratan Regulasi Liga Champions Asia, Persib Bandung gagal Lolos

BACA JUGA:Persib Bandung Vs Bhayangkara FC, Luis Milla: Laga Sulit, Tapi Pemain Lebih Siap dan Percaya Diri

“ Fakta tersebut ditemukan dalam pemberitaan surat kabar Kaoem Moeda edisi 7 Januari 1919,” jelas Prof. Kunto.

Dijelaskan Prof Kunto, ke-13 klub pribumi tersebut memutuskan membentuk bond tersendiri sebagai bentuk ‘perlawanan’ terhadap diskriminasi yang dilakukan bond Hindia Belanda, Bandoengsch Voetbal Bond (BVB) terhadap sepak bola bumiputera. 

Seusai deklarasi pendirian, dibentuklah susunan kepengurusan di bawah kepemimpinan Soetan Baginda M. Djamil sebagai presiden bond dan Soegeng sebagai wakilnya.

Sementara itu CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Glenn T. Sugita menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Tim Peneliti Hari Jadi Persib atas kerja kerasnya melakukan riset untuk menjawab kegelisahan dan keraguan publik terkait hari jadi Persib. 

“ Setelah hasil riset ini ditetapkan, mulai tahun depan, Persib akan memperingati hari jadinya setiap tanggal 5 Januari," kata Glenn.

BACA JUGA:Rachmat Irianto Sambut Laga Persib Bandung Vs Persik Kediri, Marc Klok Cedera

BACA JUGA:Pemain Persija Mantap ke Putaran Kedua Liga 1 2022/2023, Termasuk Lawan Persib Bandung?

Kategori :