KAI Catat Penumpang Kereta Api Naik 42 Persen di Libur Natal 2023

Selasa 26-12-2023,17:32 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat volume penumpang kereta api pada libur Natal 2023 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan libur Natal tahun 2022. 

Pada periode 22-25 Desember 2023, terdapat sebanyak 854.974 penumpang KA Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola KAI, meningkat 42% dibanding periode yang sama tahun 2022 sebanyak 600.797 penumpang.

BACA JUGA:Syarat Angkutan Motor Gratis dengan Kereta Api Jelang Libur Naratu 2023, Berikut Rute dan Syaratnya

“Meningkatnya volume pelanggan pada periode libur Natal 2023 dibanding tahun 2022 salah satunya dipengaruhi oleh kondisi pandemi yang semakin membaik,” UJAR VP Public Relations KAI Joni Martinus.

“Selain itu, minat pelanggan yang semakin tinggi juga diperkirakan adanya sejumlah peningkatan pelayanan yang KAI lakukan seperti peremajaan sarana dan penambahan KA-KA baru,” tambahnya.

Pada periode libur Natal 2023 ini, puncak arus mudik terjadi pada Sabtu 23 Desember 2023 sebanyak 223.559 penumpang, dengan okupansi 132% dari tempat duduk yang disediakan.

BACA JUGA:Sebelum Resmi Tutup, PegiPegi Terhubung 7 Ribu Hotel, 20 Ribu Penerbangan dan 1.600 Rute Kereta Api

Adapun puncak arus balik periode Natal 2023 diprediksi terjadi pada Selasa 26 Desember 2023 sebanyak 188.667 tiket telah terjual, dengan okupansi 112% dari tempat duduk yang disediakan.

Relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode Natal 2023 yaitu Jakarta – Yogyakarta pp, Jakarta – Bandung pp, Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Purwokerto pp, Bandung – Surabaya pp, dan lainnya.

Sementara untuk arus mudik libur Tahun Baru 2024 yakni pada taggal 29 s.d 30 Desember 2023, KAI mencatat sebanyak 248.494 tiket telah terjual, dengan okupansi mencapai 73% dari total tiket yang disediakan sebanyak 339.188 tempat duduk.

BACA JUGA:Cek Daftar 29 Kereta Api yang Menerapkan Tarif Promo 12.12, Lumayan Buat Liburan AKhir Tahun

“Dengan semangat melayani, seluruh insan KAI memaksimalkan kenyamanan pelanggan melalui kemudahan dan inovasi produk yang kami hadirkan. KAI juga berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Nataru,” jelas Joni.

KAI tetap mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan untuk menjaga diri dari virus-virus yang berpotensi menjangkit seperti Covid-19.

“Kami juga mengimbau kepada para pelanggan untuk mengalokasikan waktu yang cukup untuk sampai di stasiun keberangkatan. Tujuannya jika terjadi kemacetan saat menuju stasiun, pelanggan tidak tertinggal keretanya,” tukasnya.

Kategori :