JAKARTA, DISWAY.ID - Ada pemandangan yang berbeda ketika mengunjungi stasiun kereta api.
Pada hari-hari biasa, pengunjung hanya dapat bertanya kepada petugas di ruang customer service.
Namun, saat masa mudik Lebaran, terdapat petugas customer service yang berkeliling stasiun untuk melayani pelanggan.
BACA JUGA:DVI Polri Identifikasi 12 Jenazah Kecelakaan Cikampek
BACA JUGA:Kecelakaan 3 Mobil di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek, Lajur Contraflow KM 48 Sampai KM 70 Ditutup
Petugas ini dikenal sebagai Customer Service Mobile (CSM).
KAI telah menyiapkan petugas CSM di berbagai stasiun Daop dan Divre untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran menggunakan kereta.
Petugas CSM bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan kereta api.
Mereka memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai perjalanan kereta api dan hal-hal lain yang berkaitan dengan layanan KAI, dengan cara jemput bola atau mendekati pelanggan di stasiun.
KAI melakukan rekrutmen petugas CSM melalui anak perusahaannya, KAI Wisata, dengan proses yang transparan dan terbuka.
BACA JUGA:3 Kendaraan Kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek, Gran Max dan Terios Terbakar
BACA JUGA:Cek Jadwal Imsakiyah Jabodetabek Hari ke-28 Ramadan Senin 8 April 2024
Setelah lolos seleksi, petugas CSM mengikuti pelatihan selama satu hari yang diselenggarakan oleh Unit Customer Care KAI.
Materi pelatihan meliputi ruang lingkup pekerjaan CSM, update regulasi, pelayanan prima, serta penggunaan aplikasi Access by KAI dan KAI Pay.
Setelah pelatihan, dilakukan pula "On Job Training (OJT)" berupa pengenalan area stasiun, termasuk informasi tentang posisi kereta api, jadwal keberangkatan, fasilitas pelanggan, dan pengenalan staf yang bertanggung jawab di stasiun.