" Pada masa angkutan Lebaran 2024, KAI menyiagakan sebanyak 163 petugas CSM yang tersebar. Mereka bertugas mulai dari tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024, ditempatkan di beberapa stasiun," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangannya kepada Disway.
Diantaranya Stasiun Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, Daop 9 Jember, dan Divre I Sumatera Utara, dengan jumlah petugas yang disesuaikan dengan kebutuhan," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangannya kepada Disway.
BACA JUGA:Cek Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Hari Ini, Senin 8 April 2024
BACA JUGA:Polri Hapus Aturan Ganjil Genap Selama Libur Lebaran
Saat bertugas, petugas CSM harus hadir 30 menit sebelum jadwal kerja dimulai, dan menggunakan kelengkapan dinas seperti kemeja, ID card, dan arm band.
Mereka juga harus mengikuti prosedur standar pelayanan, seperti 7S (senyum, sapa, salam, sopan, santun, semangat, siap melayani).
Dimulai dengan interaksi dengan salam, menawarkan bantuan, dan mengakhiri dengan ucapan terima kasih.
Selain itu, petugas CSM harus proaktif dalam memberikan informasi yang tepat, akurat, efektif, dan komunikatif kepada pelanggan.
" Mereka juga membantu pelanggan dengan berbagai kebutuhan, seperti mencetak boarding pass, memandu pelanggan untuk masuk ke dalam rangkaian kereta ketika sudah siap berangkat, memberikan informasi tentang posisi kereta yang tersedia di jalur yang akan digunakan, dan masih banyak lagi," kata Joni.
BACA JUGA:H-3 Lebaran Idul Fitri 2024, Terminal Tanjung Priok Kerahkan 50 Personel Petugas Keamanan
BACA JUGA:17.904 Kendaraan Meninggalkan Jakarta Via GT Cikupa Utama
Saat menemukan kendala, petugas CSM akan berkomunikasi secara jelas dengan semua pihak terkait, serta bekerja sama untuk mengkoordinasikan tindakan perbaikan yang diperlukan.
Tindak lanjut dan evaluasi penting untuk memastikan kepuasan pelanggan dan meminimalkan dampak negatifnya.
Keberadaan petugas CSM merupakan langkah KAI untuk meningkatkan kepuasan pelanggan kereta api, terutama pada masa angkutan Lebaran 2024 di mana terjadi peningkatan signifikan jumlah pelanggan di stasiun.
" KAI terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dan keberadaan CSM menjadi salah satu langkah nyata dalam upaya tersebut. CSM tidak hanya menjadi petugas di stasiun, tetapi juga menjadi mitra yang membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang menyenangkan dan bermakna bagi pelanggan KAI," pungkas Joni.
(Sabrina Hutajulu)