Dorong Pembangunan Infrastruktur Cerdas, IKA ITS Gelar Seminar Nasional di Samarinda

Senin 27-05-2024,18:48 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

BACA JUGA:Ma'ruf Amin Sebut Program CSR Makin Bermanfaat untuk Masyarakat dan Pembangunan Desa

Seminar ini dihadiri oleh ratusan peserta baik secara offline maupun online, yang terdiri dari perwakilan Pengurus Pusat IKA ITS, Pengurus Wilayah IKA ITS, perwakilan ikatan alumni berbagai kampus yang berada di Kalimantan Timur, elemen mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa, serta berbagai asosiasi keprofesian.

Alasan Kota Samarinda dipilih menjadi titik pertama dari tiga rangkaian acara seminar nasional yang akan diadakan oleh IKA ITS bukanlah sebuah kebetulan, mengingat peran Samarinda sebagai salah satu pintu gerbang penting dari IKN. 

Hal tersebut dijelaskan Ketua Pengurus Wilayah (PW) IKA ITS Kalimantan Timur yang juga menambahkan hal ini sebagai bagian dari komitmen kuat dari alumni IKA ITS dalam membangun kemajuan infrastruktur di IKN itu sendiri.

“Tentunya, ini menjadi pertanda bahwa alumni ITS punya komitmen dalam mendorong pembangunan infrastruktur di IKN. Seperti yang kita ketahui bahwa Samarinda adalah salah satu pintu gerbangnya, sehingga seminar seperti ini sangat penting untuk diadakan,” ungkap Ketua PW IKA ITS Kalimantan Timur, Ibayasid 

BACA JUGA:Kiat Kemendes PDTT Gandeng Perusahaan Dukung Percepatan Pembangunan Desa

Tujuan yang sangat visioner ini disambut baik dan mendapatkan dukungan penuh dari PJ Gubernur Kalimantan Timur, Dr. Drs Akmal Malik, M.Si.

“Samarinda butuh banyak diskusi-diskusi yang seperti ini, guna meng-komprehensif kan khazanah gagasan pembangunan infrastruktur cerdas untuk smart city, khususnya dalam pembangunan IKN itu sendiri, dimana Kalimantan Timur menjadi pintu gerbang pembangunan kedepannya," tutur PJ Gubernur Kalimantan Timur.

Senada dengan hal itu, Muhammad Fauzan, selaku Ketua Penyelenggara Seminar Nasional IKA ITS menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian menuju Kongres IKA ITS yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

Seminar yang dilaksanakan di Samarinda ini adalah pre-event pertama yang juga dirangkaikan dengan kegiatan serial sosialisasi dan kampanye perdana Bacaketum yang dihelat KPU.

Seminar nasional selanjutnya akan dilaksanakan di Batam yang membahas Peran Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, Surabaya dengan tema Ecosystem EV & Autonomous Vehicle, dan kegiatan inti yang akan berlangsung di Jakarta sebagai puncak seminar yang membahas Teknologi untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. 

BACA JUGA:Kementerian PUPR: IKN Gunakan Smart Water Management Sytem Penyediaan Air Minum

Hasil dari Seminar ini diharapkan akan mampu menjadi salah satu rekomendasi, referensi, dan acuan dalam mendorong pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Hal dilakukan sebagai wujud komitmen IKA ITS dalam pembangunan Indonesia.

Fauzan berharap bahwa Seminar Nasional IKA ITS yang dilaksanakan di Samarinda ini bisa menjadi acuan dalam pengembangan khazanah gagasan pembangunan infrastruktur cerdas yang ada di Indonesia.

“Masih ada tiga kota lagi yang akan menjadi tempat pelaksanaan seminar nasional ini, puncaknya di Jakarta. Hasil diskusi-diskusi ini kelak akan menjadi salah satu rujukan, rekomendasi, referensi dalam mendorong pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia, dan ini akan kami sampaikan kepada pemimpin negara yang terpilih sebagai bagian dari peran ITS dalam mengawal pembangunan Indonesia,” kata Fauzan.

Kategori :