Peserta didik belum optimal dalam menjalankan perannya dalam kelompok, hal tersebut juga terlihat dari beberapa anggota kelompok yang masih belum memiliki peran di dalam kelompoknya.
Perubahan yang akan saya lakukan ialah dengan memberikan motivasi, dukungan dan juga kesempatan pada peserta didik dalam berbagi peran sesuai dengan keinginannya agar dapat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
3. Keteraturan Suasana Kelas
Kemampuan yang saya miliki dalam melakukan manajemen kelas, terlebih dalam menciptakan pembelajaran yang kondusif tanpa adanya gangguan di kelas juga belum bisa maksimal.
Ada beberapa peserta didik masih memiliki rasa kurang percaya diri. Hal tersebut dikarenakan saya belum sepenuhnya membangun komunikasi positif untuk meningkatkan hubungan yang menyenangkan dengan mereka.
Untuk ke depannya, saya mencoba pastikan agar pembelajaran di kelas dapat dilaksanakan secara kondusif sehingga peserta didik lebih merasa dihargai dan bermakna dalam mengikuti proses pembelajaran.
4. Perhatian dan Kepedulian
Ada banyak peserta didik yang belum mencoba aktif dalam menyampaikan pendapat.
Hal ini dikarenakan, saya masih kurang memberikan tanggapan yang positif pada pendapat peserta didik sehingga sebagian dari mereka menjadi tidak berani untuk menyampaikan pendapatnya.
Ke depannya, saya mencoba untuk berikan ruang bagi peserta didik agar dapat menyampaikan pendapat mereka dan memberikan apresiasi untuk yang berani berpendapat.
5. Ekspetasi pada Peserta Didik
Masih ada peserta didik yang belum mengetahui apa cita-cita dan harapan positifnya di masa depan.
Faktor tersebut dikarenakan saya hanya peduli dengan beberapa peserta didik yang aktif saja, dan terkadang siswa yang kurang aktif terabaikan. Tidak hanya itu, saya juga terkadang menyampaikan harapan yang positif untuk peserta didik tertentu saja.