Ini Keuntungan Jadi Peserta JKN, Akses Layanan Semakin Mudah

Rabu 19-06-2024,16:49 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

BACA JUGA:Makin Mudah Cara Cek Status Peserta BPJS Kesehatan, Bisa Lewat Mobile JKN, Chika Atau Telepon

BACA JUGA:Cara Mudah Cek KIS JKN dari Pemerintah, Apakah Masih Aktif atau Tidak?

Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses berbagai fitur diantaranya antrean online, konsultasi dokter, hingga perubahan data peserta. 

Tak hanya itu, peserta juga dapat melakukan skrining riwayat kesehatan setiap tahunnya. Melalui fitur ini, peserta JKN juga bisa mengetahui seberapa tinggi risiko mengidap penyakit-penyakit kronis.

“Saya sering juga mengedukasi pasien yang berkunjung ke puskesmas untuk memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN ini. Apalagi sekarang hampir setiap orang punya gawai atau handphone yang memadai untuk unduh aplikasi ini,” ungkap Dimas.

Dimas juga mengingatkan pentingnya terdaftar JKN dan memastikan kepesertaan JKN selalu aktif. Menurutnya, sakit merupakan hal yang tidak dapat diprediksi oleh siapa pun. 

Dengan adanya JKN, masyarakat tidak lagi khawatir apabila tiba-tiba sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan.

BACA JUGA:Makin Mudah, Cukup Daftar di Aplikasi Mobile JKN, Peserta BPJS Kesehatan Gak Perlu Bawa Surat Rujukan Lagi ke RS

BACA JUGA:Dampingi Istri Melahirkan dengan Tenang Karena Pegang Kartu JKN

"Tidak seorang pun berharap sakit, tetapi perlu dilakukan persiapan sedini mungkin untuk mengantisipasinya. Ketika saya sakit, Program JKN akan menjamin biaya pelayanan kesehatan saya. Jadi memang sebaiknya semua kalangan harus terdaftar JKN," tuturnya.

Dimas juga menceritakan pengalamannya saat mendapatkan perawatan di salah satu rumah sakit yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Setiap ia mengakses pelayanan kesehatan, ia mengaku kerap merasa puas. Menurut Dimas, seluruh petugas di rumah sakit mulai dari layanan administrasi sampai petugas di bagian pengambilan obat, sangat ramah dan baik. 

Tidak ada kesan diskriminasi ketika ia berobat menggunakan JKN. Ia pun tidak mampu membedakan pasien umum dan pasien JKN ketika berobat kala itu.

“Kalau di rumah sakit ataupun di puskesmas, sekarang hampir tidak bisa membedakan mana pasien umum dan mana pasien JKN, karena pelayanan yang diberikan sama,” ujar Dimas.

Terakhir Dimas berharap agar kemudahan yang dihadirkan BPJS Kesehatan dapat disosialisasikan secara masif kepada masyarakat. Ia juga mengatakan bahwa akan lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat dan kemudahan dari terobosan tersebut.

"Masih ada masyarakat yang belum terpapar terkait Aplikasi Mobile JKN atau penggunaan KTP untuk berobat, padahal ini sangat penting dan memudahkan masyarakat. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak yang mengetahuinya," tutupnya.

Kategori :