Dampingi Istri Melahirkan dengan Tenang Karena Pegang Kartu JKN

Dampingi Istri Melahirkan dengan Tenang Karena Pegang Kartu JKN

Muhammad Ulin menunjukkan aplikasi Mobile JKN. -Foto: BPJS Kesehatan-

UNGARAN, DISWAY.ID - Persalinan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Berkat program Jaminan kesehatan Nasional (JKN), Muhammad Ulin bisa dengan tenang mendampingi istrinya yang melahirkan di  rumah sakit. 

Warga Karang Gede, Boyolali itu menceritakan kisahnya saat sang istri tercinta melahirkan sang buah hati. Baginya, program JKN sangat bermanfaat. "Saya sekeluarga sudah jadi peserta JKN segmen Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) kelas 2, didaftarkan perusahaan tempat saya bekerja. Istri saya pun belum lama ini merasakan manfaatnya saat melahirkan putri kami,” ucap Ulin.

Ulin bercerita, saat itu istrinya sudah mulai merasakan kontraksi yang cukup sering dan merasa sudah hampir melahirkan. Dengan berbekal kartu JKN, ia mengantar sang istri ke rumah sakit untuk diperiksa. Namun ternyata justru istrinya melahirkan di rumah sakit tersebut. Ulin merasa lega istrinya langsung memperoleh perawatan karena sudah mengalami pembukaan lengkap dan siap untuk melahirkan.

BACA JUGA:Pakai Aplikasi Mobile JKN, Fazri Tak Perlu Buang Waktu Antre Lagi

“Untungnya istri saya dilayani dengan baik dan tidak dibeda-bedakan walaupun menggunakan jaminan BPJS Kesehatan. Istri saya dirawat di ruangan yang sesuai dengan kelas yang diberikan oleh perusahaan. Waktu itu memang sedang ramai sekali, jadi wajar jika mengurus administrasinya agak lama karena banyak yang memanfaatkan program ini,” katanya.

Ulin bersyukur istrinya dapat melahirkan dengan selamat dan mendapat pelayanan yang baik tanpa tambahan biaya. "Demi mendukung program ini, saya tidak merasa keberatan untuk membayar iuran JKN setiap bulan. Besaran iurannya pun menurut saya tidak terlalu membebani dan masih terjangkau. Jadi sudah seharusnya kita mengikuti Program JKN,” kata Ulin.

Di akhir perbincangan, Ulin tak lupa mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama bergotong royong mengoptimalkan program JKN.  Bagi yang belum terdaftar, disarankannya agar segera mendaftar selagi sehat. Dan bagi yang memiliki tagihan iuran agar segera melunasinya.

"Kita tidak mengetahui kapan sakit itu akan datang menghampiri kita. Program JKN  adalah program negara yang perlu kita dukung. Jika semua pihak mendukungnya Insya Allah program ini akan terus ada dan akan lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” ujar Ulin. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: