Pakai Aplikasi Mobile JKN, Fazri Tak Perlu Buang Waktu Antre Lagi

Pakai Aplikasi Mobile JKN, Fazri Tak Perlu Buang Waktu Antre Lagi

Muhammad Fazriansyah menunujukkan tampilan aplikasi Mobile JKN. -Foto: BPJS Kesehatan-

CIBINONG, DISWAY.ID -  BPJS Kesehatan tak ingin ketinggalan zaman. Aplikasi Mobile JKN dihadirkan untuk menjawab perkembangan teknologi. Dengan aplikasi tersebut, masyarakat bisa memanfaatkan layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari handphone masing-masing.

Muhamad Fazriansyah, pelajar di Kabupaten Bogor, merasa nyaman dengan fitur-fitur yang ada di aplikasi Mobile JKN. Remaja 17 tahun itu terdaftar sebagai tanggungan ayah dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia membagikan pengalamannya mendapatkan layanan JKN.

BACA JUGA:Patah Tulang, Hendra Terbantu Oleh JKN

Pada tahun 2021 dengan bermodal kartu JKN ia berobat ke Klinik Assalam, Cibinong, karena gejala tipes yang ia alami. Bukan pertama kalinya memiliki pengalaman layanan JKN, seluruh keluarganya mengandalkan program JKN sebagai perlindungan kesehatan.

“Ayah saya bekerja di pabrik jadi sekeluarga iurannya ditanggung oleh kantor, saya sendiri baru pertama kali berobat. Tapi dari dulu untuk berobat keluarga sudah pasti mengandalkan JKN," kata Fazriansyah.

Termasuk saat Ibunya melahirkan melalui operasi caesar dari pertama masuk dan pulang rawat inap tidak ada biaya yang ditagihkan ke keluarga. "Untuk mendapatkan layanan kesehatan sekarang sudah sangat mudah apalagi dengan adanya layanan digital,” ujar Fazri.

Fazri pun telah melakukan registrasi Aplikasi Mobile JKN untuk masuk ke data pribadinya dan keluarga. Ia terpukau mengetahui beberapa menu yang ditampilkan pada aplikasi Mobile JKN. Menurutnya aplikasi tersebut memudahkan peserta yang ingin berobat. Terutama menu antrean online dan kartu JKN Mobile. Ia pun langsung memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menjadwalkan kontrol adiknya.

“Biasanya datang langsung ke klinik lalu ambil antrean dan menunggu untuk mendapatkan layanan kesehatan oleh dokter. Dengan adanya menu antrean online pada aplikasi Mobile JKN lebih efisien waktu tunggunya. Kita bisa datang sesuai jadwal yang tertera pada aplikasi," kata Fazri.

Menurutnya, semuanya kebutuhan terkait JKN ada di dalam satu aplikasi modern ini. Mulai dari mendaftarkan, perubahan data, sampai ke antrean online sudah difasilitasi secara digital. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: