Makin Mudah, Cukup Daftar di Aplikasi Mobile JKN, Peserta BPJS Kesehatan Gak Perlu Bawa Surat Rujukan Lagi ke RS

Makin Mudah, Cukup Daftar di Aplikasi Mobile JKN, Peserta BPJS Kesehatan Gak Perlu Bawa Surat Rujukan Lagi ke RS

Kartu Peserta BPJS Kesehatan -(Foto: Yanuar Baswata/Jabar Ekspres)-

JAKARTA, DISWAY.ID– Pemerintah kini menerbitkan aturan baru untuk peserta BPJS Kesehatan terkait sistem rujukan pasien untuk ke rumah sakit (RS).

Sebelumnya peserta BPJS harus datang lebih dulu ke fasilitas Kesehatan (Faskes) 1 yang dipilih untuk meminta surat rujukan ke RS sesuai layanan BPJS yang diperlukan.

BACA JUGA:Mudah! Begini Alur Penanganan Pasien BPJS Kesehatan Terbaru di Rumah Sakit Tanpa Surat Rujukan FKTP: Cukup Tunjukkan NIK Sesuai KTP!

Nantinya dokter di faskes 1 akan memberi rujukan sehingga Anda dapat memperoleh tindakan atau pemeriksaan lanjutan tersebut di rumah sakit rekanan (faskes 2). 

Surat rujukan faskes BPJS ini biasanya dibuktikan dengan selembar surat rujukan yang harus selalu Anda bawa selagi berobat ke faskes 2.

Kini cukup membawa handphone (HP) saja, pasien BPJS Kesehatan tidak perlu lagi membawa surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) ke RS.

BACA JUGA:Waspada! Modus Penipuan Mengatasnamakan BPJS Kesehatan: Jangan Sembarangan Menyebut NIK!

Informasi ini disampaikan langsung oleh Asisten Deputi Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan Agustian Fardianto yang juga mennyebut peserta BPJS Kesehatan juga tidak perlu membawa berkas-berkas fotokopi lagi.


BPJS Kesehatan/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai sumber

"Peserta yang telah mendapatkan rujukan dari FKTP ke rumah sakit sudah tidak perlu membawa surat rujukan dalam bentuk fisik," ujar pria yang akrab disapa Ardi ini dalam keterangannya, Kamis 21 September 2023 kemarin.

"Cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk berobat," jelasnya.

BACA JUGA:Peserta BPJS Kesehatan Mau Upgrade Kelas hingga VIP? Bisa! Begini Syarat dan Perhitungan Biayanya

Menurut Ardi, aturan baru terkait sistem rujukan peserta BPJS ke RS ini karena dara peserta telah di-entry melalui aplikasi P-Care dan sudah terbaca secara otomatis melalui aplikasi v-claim rumah sakit.

Selain itu, data peserta juga telah terkoneksi secara langsung ke dalam Mobile JKN peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: