Sukses Uji Coba di Indonesia, Ajang Piala AFF Akan Gunakan VAR di Seluruh Tingkat Usia

Sabtu 06-07-2024,14:35 WIB
Reporter : Dimas Rafi
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- ASEAN Football Federation Championship (AFF) tengah melakukan implementasi Video Assistant Referee (VAR) pada setiap pertandingan yang akan datang.

VAR diperkenalkan pertama kali di Indonesia kala Final EPA U-20 Liga 1 2023/2024 yang mempertandingkan Persis Solo melawan Persita Tangerang di Stadion Manahan, Solo, Kamis, 7 Maret 2024 sore WIB. Pada pertandingan sebelumnya, di Kejuaran Piala AFF U-16. 

BACA JUGA:Shin Tae Yong, Ivar Jenner dan Justin Hubner Dihukum Sanksi Denda AFC

BACA JUGA:Impian Tercapai! Khvicha Kvaratskhelia Pamer Jersey Cristiano Ronaldo Usai Bekuk Idola

VAR kembali memperkenalkan dalam kompetisi lain seperti, ASEAN U-19 Boys Championship dari 17 hingga 29 Juli 2024, ASEAN Club Shopee Cup 2024/25 dari 21 agustus 2024 sampai 21 mei 2025 dan piala ASEAN Mitsubishi Electric Cup akhir tahun dari 23 November sampai 21 desember 2024.

"AFF percaya bahwa VAR membentuk kembali sepak bola dan telah menjadi salah satu tim terpenting yang akan meningkatkan kompetisi kita ke tingkat lain," ucap presiden AFF mayor jenderal Khiev SamethSameth dalam kutipan dari laman resmi klub, Kamis, 6 Juli 2024.

Menurutnya, penerapan VAR yang dilakukan disetiap kompetisi di Indonesia yang sudah direncanakan serta berkesinambungan untuk meningkatkan persaingan.

BACA JUGA:David Beckham Tertarik Datangkan Raphael Varane, Siap Berikan Gaji Besar di Inter Miami

BACA JUGA:Romelu Lukaku, Pemain Timnas Belgia Paling Apes Hingga 3 Golnya Dianulir VAR di Euro 2024

"Penerapan teknologi ini dalam kejuaraan ASEAN Boys' U16 di Solo, Indonesia, sejalan dengan upaya AFF. bagi para wasit untuk memungkinkan mereka membuat keputusan yang akurat, konsisten dan terinformasi," kata mayor General Sameth.

Mayor Sameth menjelaslan apresiasinya dari pihak AFF dan berterimakasih terhadap FIFA, AFC, Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir dan staff PSSI telah ikut andil dalam mengimplementasikan VAR.

"Selain itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim proyek yang dipimpin oleh tuan Viphet Sihachakr, sekretaris umum AFF, tuan Winston Lee dan juga tuan Rodzali Yacob dan tim referen-nya selama proses implementasi," ungkapn Mayor Sameth.

Kategori :