Pertahankan Prestasi 10 Tahun Berturut-turut, BNPP Raih Opini WTP dari BPK RI

Selasa 16-07-2024,19:40 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI).

Capaian Opini WTP ini menambah daftar panjang prestasi dari Kemendagri dan BNPP, yang telah berhasil menorehkan predikat dalam pengelolaan keuangan negara selama 10 tahun berturut-turut sejak tahun 2014.

BACA JUGA:Sekretaris BNPP Zudan Arif Beberkan 1.812 Kilometer Jalan Perbatasan Negara Terbentang di Dua Periode Pemerintahan Jokowi

BACA JUGA:Laporan Keuangan Pemerintah Pusat 2023 Dapat Predikat WTP, Jokowi: Ini Bukan Prestasi, Tapi Tanggung Jawab

Diketahui, opini WTP kali ini diperoleh berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan tahun 2023 Kemendagri dan BNPP.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga sekaligus Kepala BNPP Tito Karnavian menyampaikan, bahwa keberhasilan dalam meraih opini WTP ini sebagai momentum dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri dan juga meningkatkan kinerja Kemendagri dan BNPP ke depan.

"Kami ucapkan terima kasih banyak khususnya kepada BPK RI yang telah memberikan opini WTP untuk Kemendagri dan BNPP, alhamdulillah hal ini makin menambah kebanggaan dan juga rasa confidence kami. Karena ini adalah perolehan WTP ke-10 kalinya berturut-turut," ungkap Menteri Tito di Ruang Sidang Utama (RSU) Kantor Pusat Kemendagri, Senin 15 Juli 2024. 

Menteri Tito menambahkan, penilaian ini sebagai bukti indikator yang penting bahwa lembaga yang dipimpinnya mampu dalam mengelola keuangan anggaran negara. Namun, ia menegaskan bahwa terdapat nilai lain yang harus diperbaiki yakni nilai pada reformasi birokrasi dan kinerja yang harus ditingkatkan.

"Alhamdulillah melalui kerja keras teman-teman ini adalah naik kelas, ini yang ke-10 kinerja kita harus ditingkatkan dan reformasi birokrasi. Kami sampaikan apapun temuan BPK kita harus follow up, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dalam waktu 60 hari kami akan segera melaporkan tindak lanjut temuan-temuan untuk melakukan perbaikan," terangnya.

BACA JUGA:Nadiem Makarim Klaim Kemendikbudristek Pertahankan Opini WTP 11 Kali Berturut-turut Berkat Tata Kelola yang Baik

BACA JUGA:Pengamat Ungkap Alasan Pemprov DKI Layak WTP Tahun Ini, Kualitas Pengelolaan Keuangan Tahun 2023 Meningkat

Senada dengan hal itu, Anggota V BPK RI Ahmadi Noor Supit pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V mengapresiasi serta berterima kasih kepada Kemendagri dan BNPP atas prestasi capaian opini terbaiknya.

Menurutnya, capaian tersebut menunjukkan komitmen dan upaya nyata seluruh manajemen Kemendagri dan BNPP dalam membangun perbaikan pengelolaan keuangan negara.

"Selain baik dalam pengelolaan keuangan negara, Kemendagri dan BNPP juga telah berupaya dalam menjalankan dan menerapkan praktik-praktik penerimaan uang dengan baik," tutur Ahmadi.

BACA JUGA:Kemendikbudristek Dapat Opini WTP, Nadiem Makarim Klaim Buah Kerja Keras Tim

Kategori :