50 Tahun Hadir di Indonesia, Yamaha Terus Upayakan Reduksi Emisi Karbon

Jumat 26-07-2024,18:59 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

”Kepedulian Yamaha Motor Indonesia dan global terhadap lingkungan hidup juga berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” ungkap Dyonisius Beti, President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

“Kami wujudkan hal tersebut salah satunya melalui aktivitas penanaman mangrove yang secara konsisten kami lakukan. Hingga tahun 2024, kami akan terus melakukan penanaman lebih dari 50.000 pohon mangrove dan target sampai 2026 adalah 150.000 pohon mangrove di berbagai wilayah Indonesia,” jelasnya. 

“Ini juga merupakan bagian dari upaya Yamaha dalam mencapai Net Zero Carbon atau secara riil CO2 yang dihasilkan industri Yamaha bisa turun mencapai 92% sampai dengan tahun 2035. Kami harapkan kontribusi Yamaha Motor Indonesia ini turut membantu pengurangan emisi karbon di Indonesia,” tuturnya.

BACA JUGA:Kurangi Emisi Karbon, PLN Jajaki Penerapan Teknologi CCS Pada Pembangkit

BACA JUGA:Denda Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi Karbon Segera Berlaku di Jakarta, KLHK DKI: Perpanjangan STNK Hingga Tarif Parkir Tertinggi

Aktivitas CSR lingkungan hidup di Indonesia akan dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya dilakukan oleh Yamaha Motor Group di Indonesia, dan juga Yamaha Motor Company., Ltd. (YMC) Jepang sebagai induk perusahaan Yamaha secara Global. YMC telah merilis proyek penanaman mangrove di Indonesia melalui service agreement dengan YL Forest Co., Ltd. (“YLF”).

Sebuah perusahaan yang berkantor pusat di kota Fukuoka yang menerapkan metode penanaman mangrove di Indonesia. 

Ke depannya, pendanaan yang diberikan kepada YLF oleh YMC akan digunakan untuk meluncurkan proyek penanaman mangrove baru di provinsi Sulawesi Selatan. 

Perjanjian tersebut mempercayakan YLF untuk penanaman mangrove berbasis silvo-fishery selama periode tiga tahun, yang bertujuan untuk berkontribusi pada keanekaragaman hayati, netralitas karbon, dan mencegah polusi laut. 

Melalui proyek yang dikerjakan YLF ini, YMC akan menanam mangrove seluas 215 hektar (sekitar 370.000 pohon) serta menjaga pengelolaan proyek ini.

Sehingga aktivitas CSR penanaman pohon mangrove ini diharapkan dapat berkontribusi membantu pengurangan emisi karbon di Indonesia, dengan total sebanyak 520.000 pohon mangrove akan ditanam oleh Yamaha Motor Group di Indonesia.

Kategori :