Cegah Stunting, Anak Picky Eater Butuh Probiotik dan Vitamin D3 untuk Penuhi Kebutuhan Gizi Harian

Minggu 28-07-2024,15:08 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

BACA JUGA:Dapat Penghargaan Penurunan Stunting dari PBB, Walikota Semarang Beberkan Kiat-kiat Suksesnya

Salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna ialah dengan pemenuhan probiotik yang termasuk bakteri baik dalam usus.

Selain memberikan manfaat kesehatan pada lambung dan usus, probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Cegah Stunting dengan Gizi Seimbang, ASI, dan Tablet Tambah Darah

Monsumsi probiotik juga membantu perkembangan kesehatan otak si kecil.

Dokter Kanya mengungkapkan, anak pertama kali mengenal dunia sekitar bukan dengan melihat, melainkan melalui saluran cerna.

“Saat baru lahir, saluran cerna yang masih polos harus terisi dengan kuman baik atau probiotik. Selain untuk merangsang pembentukan vitamin K, juga untuk berjaga dan bertahan terhadap serangan kuman jahat di lingkungan sekitar si bayi. Fase oral pada bayi adalah fase yang paling mendebarkan untuk orang tua, di satu sisi bersemangat karena anak sedang mengenal dunia dan mempersiapkan dirinya untuk MPASI, tapi di sisi lain, khawatir bahaya diare berulang mengancam. Pada fase ini tidak ada salahnya menggunakan probiotik, untuk memastikan tentara tubuh dan kuman baik saluran cerna selalu dalam keadaan terbaik untuk berjaga-jaga melawan kuman jahat,” jelas dr. Kanya.

BACA JUGA:BKKBN Ungkap Hambatan Dalam Edukasi Masyarakat Soal Stunting

Pentingnya Probiotik dan Vitamin D3

PT Kalbe Farma Tbk berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam hal kesehatan anak, terutama dalam program stunting.

“Bukan saja melalui penyediaan produk berkualitas seperti probiotik dan vitamin D3, tetapi juga dengan konsisten menyenggarakan kegiatan edukasi bagi para orang tua sehingga stunting bisa dicegah,” ujar Pharma Marketing Deputy Director PT Kalbe Farma Tbk, dr. Selvinna, M.Biomed di Cocoland Pluit Village Mall, Jakarta Utara.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 100 orang tua dan anak. Para orang tua itu dari berbagai komunitas, yakni komunitas Prove mom, mommils, momdoc.id, masyarakat awam di Jabodetabek, dan customer loyal Kalbe.

BACA JUGA:Tips Cegah Stunting, Penting Ukur Tinggi Anak Bukan Hanya Berat Badan

Pada perayaan HAN bersama Kalbe, para orang tua melakukan aktivitas menyenangkan bersama anak-anak serta tersedia pemeriksaan kesehatan gratis di lokasi acara. Rangkaian perayaan ini diadakan untuk memberi ruang bagi masyarakat mengenai langkah mencegah stunting.

“Kalbe Farma selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi kesehatan anak-anak Indonesia, salah satunya melalui produk Liprolac yang tersedia dalam bentuk drops (Liprolac Baby) dan sachet (Liprolac Kids). Liprolac dirancang khusus untuk menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Dengan pencernaan yang sehat, penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal sehingga membantu mendukung tumbuh kembang anak secara keseluruhan,” tambah Product Executive Child PT Kalbe Farma Tbk, apt. Bernadeta Pratika Yudi.

Dunia anak disebut dengan dunia bermain, yang membantu anak mengeksplorasi dan belajar banyak hal di sekitarnya.

Kategori :