Harga Pangan Pasar Tradisional Palmerah Hari Ini, Terpantau Tidak Stabil

Selasa 30-07-2024,15:02 WIB
Reporter : Bianca Chairunisa
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Selasa 30 Juli 2024 ini, rata-rata sejumlah komoditas pangan terpantau masih belum stabil. Berdasarkan pantauan Disway pada hari yang sama di pasar Palmerah, Jakarta Pusat, harga sejumlah bahan pangan masih terus naik turun sejak seminggu yang lalu.

Salah satunya adalah komoditas telur. Menurut keterangan Eno, salah satu pedagang yang ditemui oleh Disway di pasar Palmerah, harga telur yang sebelumnya seharga Rp 29.000 Per-kilogramnya kini telah naik menjadi Rp 29.000 per-kilogramnya.

BACA JUGA:Bangun Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Bapanas Luncurkan Terobosan Baru Kios Pangan

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Ini Strategi Bapanas Untuk Stabilkan Harga Pangan

“Naik turun itu (telur), minggu kemarin telur masih 28 Ribu sekilo, sekarang udah jadi 29 Ribu,” Jelas Eno saat ditemui oleh Disway di toko-nya.

Berbanding terbalik dengan Eno. Menurut keterangans salah satu pedagang beras di pasar Palmerah, Iwan, harga beras di toko-nya masih tetap stagnan di angka Rp 11.000 Per-liternya sejak bulan Juni lalu.

“Dari bulan Juni harganya tetep sama, gak ada naik atau turun,” ujar Iwan.

Sementara itu di pasar Kebayoran Lama, komoditas telur dan beras terpantau malah mengalami penurunan harga. 

BACA JUGA:BUMN Pangan Jaga Stabilitas Harga Pangan Selama Ramadhan dan Idul Fitri

BACA JUGA:Bapanas Menyebut Harga Pangan Naik Jelang Ramadan, Antusiasme Masyarakat Belanja Tetap Tinggi

Menurut keterangan Nurhidayat, salah seorang pegawai toko kelontong yang ditemui oleh Disway, harga beras dan telur mulai turun sejak seminggu yang lalu. 

“Telur sekarang 29 Ribu, minggu kemaren masih 30 Ribu di sini. Beras se-liter sekarang juga jadi 14 Ribu se-liter, kemaren se-liter malah 16 Ribu. Memang lagi pada turun sekarang,” kata Nurhidayat.

Sementara itu menurut data panel harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), harga mayoritas komoditas pangan pokok tercatat naik dibanding sehari sebelumnya. 

Komoditas-komoditas tersebut contohnya adalah bawang merah yang naik menjadi Rp 28.800 per-kilogramnya, dan bawang putih bonggol yang turun harga menjadi Rp 40.590 per-kilogramnya.

Sementara itu, harga cabai merah keriting juga naik menjadi Rp 45.360 per-kilogramnya, disusul dengan harga cabai rawit merah yang naik menjadi Rp 70.080 per-kilogramnya.

Kategori :