He Bing Jiao Tetap Main di Turnamen Domestik Meski Putuskan Gantung Raket di Usia 27 Tahun

Rabu 14-08-2024,17:36 WIB
Reporter : Dimas Rafi
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Setelah penampilan sukses di Olimpiade Paris 2024 yang baru saja berakhir, bulu tangkis tunggal putri Tiongkok, He Bing Jiao, membuat keputusan untuk pensiun, meski memenangkan medali perak.

Pada Selasa malam, 13 Agustus, dewan bulu internasional (BWF) secara resmi mengumumkan pengukuhan keputusan atlet berusia 27 tahun itu untuk pensiun dari kariernya di olahraga profesional.

"Namun, dia akan terus bermain di turnamen domestik," tulis BWF dalam laman resminya.

BACA JUGA:Kronologi Tim Bulutangkis Indonesia Kemalingan di Paris saat Olimpiade 2024 hingga Uang Rp950 Juta Lenyap, Diduga Modus Ban Kempes

Pada final tunggal putri Olimpiade Paris 2024, He Bingjiao berhadapan dengan An Se Young, unggulan teratas asal Korea Selatan. 

Sayangnya, He Bingjiao dikalahkan dalam dua game berturut-turut dalam pertandingan yang intens ini.

Kariernya mencapai puncaknya di turnamen besar ketika ia meraih medali perak, menandai pencapaiannya yang paling signifikan dalam ajang empat tahunan tersebut.

BACA JUGA:Lolos ke Perempat Final Bulutangkis Olimpiade 2024, Gregoria Mariska Jaga Peluang Indonesia Raih Medali Emas

Setelah mengamankan tempat kedua di Kejuaraan Junior Dunia BWF 2014 di tunggal putri, He Bingjiao dengan cepat mendapatkan pengakuan dan membuat namanya terkenal, terutama jika dibandingkan dengan juara Akane Yamaguchi dari Jepang.

Dalam pertunjukan keterampilannya yang luar biasa, ia sekali lagi menang atas lawannya pada babak final Youth Olympic Games, yang bertepatan dengan tuan rumah Tiongkok pada tahun yang sama.

BACA JUGA:Ini Harapan Atlet Bulutangkis Indonesia Jelang Hadapi Olimpiade Paris 2024

Menyusul berakhirnya Olimpiade Rio de Janeiro 2016, He Bingjiao dan Chen Yufei muncul sebagai pilar baru bulu tangkis Tiongkok, mengambil alih kendali dari pensiunan veteran Wang Yihan, Wang Shixian, dan Li Xuerui.

Pada tahun tersebut, He Bingjiao membuat namanya terkenal dengan meraih kemenangan di Jepang Terbuka, di mana ia mengalahkan rekan senegaranya Sun Yu, dan juga dengan mengalahkan Beiwen Zhang di Prancis Terbuka.

He Bingjiao meraih kemenangan luar biasa di Tur Dunia BWF, muncul sebagai juara Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka pada tahun 2022. 

BACA JUGA:Tim Bulutangkis Indonesia Berangkat ke Olimpiade Paris 2024, 9 Atlet Siap Berlaga

Kategori :