Kapan Rekrutmen PPPK 2024 Dibuka? Cek Jadwal dan Syaratnya di Sini

Minggu 18-08-2024,13:35 WIB
Reporter : Syifa Lulu
Editor : Syifa Lulu

JAKARTA, DISWAY.ID -- Pemerintah baru saja mengumumkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 akan dibuka pada 20 Agustus 2024.

Pada rekrutmen ini, tersedia 250.407 formasi dengan dua jenis kebutuhan, yakni kebutuhan umum dan khusus sehingga calaon pelamar bisa mendaftar.

Adapun dua jenis kebutuhan ini, untuk kebutuhan khusus diperuntukan bagi penyandang disabilitas, cumlaude diaspora, putra atau putri Papua, putra atau putri Kalimantan, dan putra atau putri yang tinggal di daerah 3T.

BACA JUGA:Menpan RB Umumkan Formasi CPNS 2024 Dibuka 250.407, Ini Rinciannya

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, pemerintah membuka peluang lebih besar bagi lulusan fresh graduate dibanding tahun sebelumnya.

"Untuk fresh graduate kami buka peluang yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya, karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNS-nya relatif lebih besar dibanding sebelumnya," ungkap Anas dikutip laman resmi Kemenpan RB, Minggu, 18 Agustus 2024.

Tak hanya CPNS, pemerintah juga akan segera membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Lantas kapan PPPK 2024 akan segera dibuka? Simak penjelasannya berikut.

BACA JUGA:Intip Daftar Formasi CPNS 2024 Instansi Daerah dan Pusat Terbaru, Cek di Sini!

Rekrutmen PPPK 2024

Menpan RB Abdullah Azwar Anas, menyampaikan proses rekrutmen PPPK 2024 akan segera dibuka untuk melakukan penataan pada tenaga non-ASN.

Saat ini, proses penataan tenaga non-ASN atau disebut juga tenaga honorer masih dalam verifikasi dan validasi.

"Secara bertahap akan dibuka rekrutmen PPPK untuk rangkaian penataan tenaga non-ASN atau tenaga honorer tahun 2024" jelas Anas.

Lebih lanjut, setelah proses verifikasi dan validasi selesai maka rekrutmen PPPK akan segera diinformasikan.

"Saat ini sedang proses verifikasi dan validasi. Segera kami umumkan untuk rekrutmen PPPK bila proses verifikasi dan validasi selesai," jelasnya.

Kategori :