Jelang 65 Hari Pemerintahannya Berakhir, Jokowi Lantik Kepala BPOM dan Badan Gizi Nasional

Senin 19-08-2024,14:05 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Menjelang 65 hari pemerintahannya berakhir, Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan di Istana Negara, Jakarta. 

Pelantikan tersebut dilakukan usai pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Dalam keputusan Presiden yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti, Hasan Nasbi diangkat sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan. 

BACA JUGA:Kata-kata Yasonna Kala Menghadap Jokowi Sebelum Dilengserkan: Kesempurnaan Hanya Milik Tuhan

Pengangkatan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) Nomor 93/P Tahun 2024 Tentang Pengangkatan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Selanjutnya berdasarkan Keppres RI Nomor 94/P Tahun 2024, Dadan Hindayana diangkat sebagai Kepala Badan Gizi Nasional. 

BACA JUGA:Sosok Bahlil Lahadalia Menteri ESDM Baru yang Dilantik Jokowi, Dulu Pernah Jadi Sopir Angkot

Sementara itu, pengangkatan Taruna Ikrar sebagai Kepala BPOM didasarkan pada Keppres RI Nomor 115/TPA Tahun 2024 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan kepala badan, kepala kantor, dan Kepala BPOM yang dilantik.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

BACA JUGA:Jokowi Lantik Bahlil Jadi Menteri ESDM, Roslan Jadi Menteri Investasi

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo untuk kemudian diikuti para tamu undangan terbatas yang hadir.

Diantaranya adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

BACA JUGA:Jelang 66 Hari Pemerintahannya, Jokowi Bersyukur Upacara HUT ke-79 RI di IKN Berjalan Lancar

Tampak hadir pula Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas, Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Perkasa Roeslani, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, dan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto.

Kategori :