79 Tahun Kemerdekaan RI Gaungkan Nusantara Baru, PNM Dukung UMKM Terus Maju

Senin 19-08-2024,18:16 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada tahun 2024 mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju.

Makna dari tema tersebut juga mencerminkan harapan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk terus melangkah, mendukung UMKM Indonesia agar terus maju.

BACA JUGA:Harga Tidak Stabil, PNM Sebar Bantuan 1.500 Bibit Cabai Buat Warga Desa

BACA JUGA:PNM Dampingi Nasabah Disabilitas Tumbuh Berkelanjutan

Direktur Operasional PNM Sunar Basuki menyatakan optimis dapat terus membantu pembiayaan dan pengembangan usaha ultra mikro meskipun pemerintah mencanangkan perpindahan ibu kota negara ke Nusantara.

Menurutnya, PNM berpeluang besar membantu pemerintah dalam pemerataan ekonomi khususnya di wilayah Kalimantan Timur.

“Ini menjadi tantangan bagi kami untuk mengembangkan solusi layanan berbasis teknologi digitalisasi sehingga dapat menjangkau masyarakat unbankable yang lebih besar di sekitar IKN agar kesenjangan ekonomi dapat ditekan,” ujar Sunar dalam siaran pers, Senin 19 Agustus 2024. 

Untuk dapat memberikan layanan yang optimal, Sunar mengungkapkan upaya PNM dalam menjaga likuiditas guna mendukung ekspansi pembiayaan serta mitigasi dalam menghadapi gejolak likuiditas dengan mengelola likuiditas cadangan. 

BACA JUGA:PNM Kasih Fasilitas Untuk Nasabah Mekaar, Ciptakan Variasi Produk Olahan Tahu

“Pembiayaan yang kami berikan kepada nasabah PNM Mekaar dipastikan digunakan untuk hal produktif atau untuk modal usaha. Ini yang bisa menjaga kualitas pembiayaan,” tambahnya.

Sunar juga menilai rencana OJK untuk mengatur lebih detail perihal kemudahan akses pembiayaaan terhadap UMKM akan menjadi angin segar dan mendorong semakin tumbuhnya pelaku UMKM di Indonesia.

“Meskipun persaingan kedepannya akan semakin menantang, PNM akan terus melakukan diversifikasi pembiayaan melalui pemberian modal bukan hanya finansial tetapi juga intelektual dan sosial,” tandasnya.

Sunar juga mengajak seluruh pihak untuk melakukan kolaborasi aktif dalam menyajikan literasi dan inklusi keuangan bagi pelaku UMKM khususnya ultra mikro Indonesia.

 

Kategori :