Food Ingredients Asia Indonesia 2024 Jadi Ajang Gali Potensi dan Inovasi Bahan Pangan Lokal

Selasa 20-08-2024,12:32 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Industri makanan dan minuman merupakan sektor strategis yang penting dalam mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia. 

Untuk itu, guna mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya melalui industri makanan dan minuman, Informa Markets kembali menyelenggarakan pameran bertajuk Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024 pada 4-6 September 2024 di Jakarta International Expo. 

BACA JUGA:79 Tahun Kemerdekaan RI Gaungkan Nusantara Baru, PNM Dukung UMKM Terus Maju

BACA JUGA:Lewat Relawan Bakti BUMN, PLN Beri Pelatihan UMKM dan Giatkan Budaya Khas Jembrana, Bali

Ilmuwan Senior dari South East Asian Food and Agricultural Science and Technology IPB Purwiyatno Hariyadi mengatakan bahwasanya mulai dari pemilihan ingredien pangan sampai produk akhir siap konsumsi, industri harus memastikan produknya aman, bergizi, fungsional, dan ramah lingkungan. 

Ingredien pangan, sebagai komponen utama dalam produk makanan, memegang peranan krusial dalam mencapai tujuan tersebut. 

"Seperti yang didefinisikan oleh Codex Alimentarius Commission, ingredien pangan adalah segala bahan yang digunakan untuk membuat makanan, termasuk bahan tambahan pangan dan zat-zat lainnya yang tetap ada dalam produk akhir," kata Purwiyanto.

BACA JUGA:UMKM Cuan 463 Juta Rupiah dari Digiland 2024

Untuk itu lanjut Purwiyanto, Pameran Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024 menjadi platform penting bagi industri, pemerintah, akademisi, dan pelaku industri untuk berkolaborasi menggali potensi ingredien pangan lokal Indonesia. 

"Dengan demikian, diharapkan dapat mendorong inovasi, meningkatkan daya saing industri pangan nasional di kancah global, serta memperkuat ketahanan pangan," tandasnya. 

Sebagai informasi, Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024 akan diselenggarakan pada 4-5 September 2024 di Jakarta International Expo.

Pemeran akan berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB, dan pada 6 September 2024 mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. 

Pameran ini terbuka bagi semua yang tertarik pada bidang usaha makanan dan minuman. 

Temukan inovasi terbaru dalam bahan baku makanan dan minuman, tingkatkan hubungan bisnis dengan berbagai perusahaan dan pakar industri, serta dapatkan inspirasi untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Dengan Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024, Indonesia akan menjadi pasar yang semakin dinamis dan kompetitif.

Kategori :