Siaga Kamtibmas Jelang Pilkada, Polda Jabar Gelar Operasi Mantap Praja Lodaya 2024

Selasa 20-08-2024,18:02 WIB
Reporter : Rafi Adhi Pratama
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Lodaya 2024 digelar Polda Jawa Barat hari ini 20 Agustus 2024.

Kapolda Jabar, Irjen Akhmad Wiyagus memimpin langsung apel tersebut di Depan Gedung Sate Kota Bandung.

Dikatakannya, apel tersebut merupakan rangkaian operasi untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait sebelum diterjunkan ke lapangan sehingga diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada yang aman.

BACA JUGA:Sambut Putusan MK Soal Syarat Pilkada, Hasto: Angin Segar Buat PDIP

"Tahun 2024 adalah tahun yang sangat penting bagi demokrasi di Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Barat. Pilkada serentak 2024 adalah bagian dari kemerdekaan rakyat untuk memilih para wakil rakyat maupun Kepala Pemerintahan, sehingga perlu adanya jaminan keamanan agar setiap tahapan pilkada dapat berjalan damai," katanya kepada awak media, Selasa 20 Agustus 2024.

Diungkapkannya, peran pihaknya dalam mengawasi dan mengamankan proses Pilkada akan dilakukan secara optimal.

BACA JUGA:Kata PKS Soal Wacana Ahmad Luthfi-Kaesang di Pilkada Jateng 2024: Insya Allah Siap!

"Peran Polri dalam mengawal dan mengamankan proses Pilkada harus terlaksana secara optimal dan berbagai tantangan yang perlu diantisipasi seperti peningkatan suhu politik, bahkan paling yang berpotensi menimbulkan kerawanan sosial politik, yang dapat menjurus kepada gangguan kamtibmas," ungkapnya.

Pihaknya bakal mencegah gangguan Kamtibmas seperti polarisasi sosial, politisasi agama, politik identitas, money politic, black campaign, isu bernuansa sara dan potensi konflik antar pendukung kontestan pemilu.

BACA JUGA:Profil Ketua MK Suhartoyo, Ubah Ambang Batas Pencalonan Pilkada 7,5%, Dulu Dissenting Opinion Bareng Saldi Isra

"Demikian pula halnya dengan bentuk-bentuk kecurangan Pilkada, baik yang dilakukan oleh penyelenggara Pilkada maupun pihak terkait lainnya," ujarnya.

"Keberhasilan operasi ini sangat ditentukan oleh kesiapan dan kemampuan kita dalam menghadapi berbagai situasi di lapangan. Oleh karena itu, marilah kita jadikan apel gelar pasukan ini untuk menyatukan tekad dan komitmen, guna membuktikan kepada masyarakat bahwa polri bersama unsur terkait siap untuk mengawal, mengamankan serta mensukseskan Pilkada serentak." tandasnya.

 

 

 

Kategori :