70 Tahun Berkomitmen Pada Kualitas, Sarihusada Perkuat Posisinya Sebagai Pelopor Nutrisi Bangsa

Selasa 20-08-2024,19:23 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

"Kami diajarkan cara menyediakan pakan yang bernutrisi seimbang, menjaga kebersihan kandang untuk mencegah penyakit, serta melakukan pemeriksaan kesehatan ternak secara rutin," ujar Jiyem. 

BACA JUGA:PP Kesehatan Tekankan Hak ASI Eksklusif untuk Anak, Larang Iklan hingga Diskon Susu Formula

Selain mengutamakan aspek Good Farming Practices dan manajemen pakan yang baik peternak juga dibantu dengan sarana prasarana seperti milk can, water ad libitum, karpet sapi, serta dukungan dari Koperasi Susu Segar berupa truk tangki air untuk penyediaan air bersih di musim kemarau dengan biaya lebih terjangkau. 

Berbagai inovasi juga telah diuji coba untuk meningkatkan efisiensi kerja peternak, seperti penggunaan aplikasi pencatatan data yang memungkinkan peternak mencatat produksi susu, kesehatan ternak, dan riwayat vaksinasi secara otomatis. 

Selain itu, pemanfaatan Cement Sexing untuk meningkatkan probabilitas kelahiran sapi betina, uji coba ras sapi Jersey yang lebih tahan terhadap iklim sub-tropis, serta penanaman rumput Gama Umami yang memiliki densitas lebih tinggi juga menjadi bagian dari upaya ini. Sementara instalasi biogas yang memanfaatkan limbah kotoran ternak untuk menghasilkan energi terbarukan juga diperkenalkan, mengurangi biaya operasional serta dampak lingkungan. 

Dengan upaya yang berkelanjutan untuk menjaga standar keamanan dan kualitas ini, inovasi produk, serta pemberdayaan peternak lokal, Sarihusada terus memperkuat posisinya sebagai pelopor dalam industri pengolahan susu di Indonesia.

Kategori :