Gobel Group Gandeng KAI Logistik Alihkan Transportasi Barang dari Truk ke Kereta Api, Dukung Panuh Green Logistic di Indonesia

Jumat 23-08-2024,10:03 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

Sementara itu, Heru Santoso selaku Vice President Director PT Panasonic Gobel Indonesia menuturkan jika kolaborasi ini merupakan langkah penting bagi Panasonic Gobel Indonesia dalam mewujudkan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dan peningkatan efisiensi bisnis. 

BACA JUGA:Rundown LaLaLa Fest 2024 di JIExpo Kemayoran Hari Pertama, Tyla Tampil Pukul 20.15 WIB

BACA JUGA:BPH Migas Kebut Pembangunan Infrastruktur Penyaluran Gas Bumi Melalui Pipa

“Kerja sama ini juga sejalan dengan visi global Panasonic dalam program GREEN IMPACT untuk mengurangi emisi CO2 dari setiap produk yang dibuat, serta terus mengoptimalkan penggunaan energi dalam proses produksi,” tambahnya.

Langkah ini adalah bagian dari pendekatan holistik perusahaan dalam mewujudkan keberlanjutan yang mencakup inovasi produk, operasional yang ramah lingkungan, dan tanggung jawab sosial.

“Dengan kemitraan ini, PGI berharap dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya nasional dalam mencapai target pengurangan emisi karbon dan tidak hanya akan mendukung ekonomi hijau, tetapi juga meningkatkan daya saing industri nasional melalui inovasi yang berkelanjutan,” paparnya.

Arif Gobel selaku Direktur Gotrans Logistics International (GLI) menambahkan sebagai perusahaan logistik yang berfokus pada inovasi dan efisiensi, kerja sama ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami dalam mengadopsi praktik-praktik logistik yang lebih bertanggung jawab secara lingkungan. 

“Dengan mengalihkan sebagian besar pengiriman ke moda kereta api, kami berharap dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi lingkungan dan masyarakat luas. Inisiatif ini menjadi bagian integral dari strategi kami dalam memaksimalkan efisiensi sekaligus mendukung visi Indonesia yang lebih hijau,” paparnya.

BACA JUGA:Apakah Hari Ini Ada Demo? Said Iqbal Bilang Begini

BACA JUGA:Kebijakan Transfer Chelsea Membuat Maresca Mendobrak Tradisi Inti The Blues

Sejauh ini sektor logistik bertanggung jawab atas sekitar 27 persen dari total emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas operasionalnya dimana 90 persen dari total emisi karbon tersebut berasal dari subsektor transportasi darat.

Menanggapi hal tersebut, kemitraan multipihak yang mendukung green logistic nasional di Indonesia ini menawarkan solusi dalam mengatasi upaya mengurangi emisi karbon di sektor logistik, khususnya layanan pengiriman barang. 

Dengan melakukan pengalihan moda transportasi dari truk ke kereta api, dapat mengurangi emisi karbon hingga 70 persen sehingga dinilai merupakan langkah yang tepat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Green logistics turut menunjukan bahwasanya berbagai inisiatif perusahaan dalam keberlanjutan lingkungan dapat berjalan selaras dengan upaya efisiensi bisnis. 

Dari segi biaya operasional, kemitraan multipihak ini dapat menekan biaya operasional hingga 6 persen lebih rendah dibandingkan penggunaan moda transportasi sebelumnya.

Sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan terhadap konsumen, inovasi keberlanjutan di industri logistik ini juga dapat menjadi bagian strategi bisnis dalam optimalisasi layanan. Dengan pengiriman melalui kereta api, setiap perjalanan yang dilakukan dapat menghemat biaya sebesar Rp745.000 per pengiriman.

Kategori :