AZEC 2024: Pertamina dan NEXI Tingkatkan Kesepakatan untuk Mendukung Asuransi Perdagangan dan Fasilitas Kredit bagi Transisi Energi

Jumat 23-08-2024,14:08 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID – PT Pertamina (Persero) dan Nippon Export and Investment Insurance (NEXI) perusahaan asal Jepang memperkuat sinergi melalui penandatanganan Amandemen Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) mengenai kerja sama di bidang asuransi perdagangan dan fasilitas kredit.

Amandemen MoU ini ditandatangani di sela Asia Zero Emission Community (AZEC) Ministerial Meeting 2024 di Jakarta.

Perjanjian ini ditandatangani oleh Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini, dan Senior Managing Executive Officer, Member of Board of NEXI Kazuki Hondo.

MoU sebelumnya ditandatangani pada Pertemuan Menteri AZEC tahun 2023.

MoU ini mendasari kemitraan strategis untuk mendukung perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Jepang, membantu dalam transisi dan keamanan energi, serta meningkatkan kerjasama dalam pembiayaan Pertamina. Sementara, Amandemen MoU ini memperkuat komitmen kedua pihak di bidang jaminan kredit ekspor dan asuransi, serta perpanjangan periode kerjasama.

BACA JUGA:AZEC 2024: PERTAMINA dan JOGMEC Perkuat Komitmen Transisi Energi di Bidang Emisi Metana

BACA JUGA:AZEC 2024: Kerjasama PERTAMINA dan JICA Tingkatkan Upaya Transisi Energi

Emma mengungkapkan pentingnya memahami nilai tambah dari pendanaan asuransi, yakni untuk mengurangi risiko pendanaan terutama pada proyek energi yang berskala besar.

Integrasi fasilitas dari NEXI memberikan perlindungan bagi Pertamina untuk mendapatkan pembiayaan dengan skema yang lebih menguntungkan. 

Langkah strategis ini, tambah Emma, akan mengurangi potensi risiko finansial, serta memperkuat kepercayaan investor, meningkatkan akses investasi inisiatif transisi energi Pertamina.

"Kolaborasi kami dengan NEXI merupakan upaya Pertamina untuk menjaga aspek finansial proyek-proyek Pertamina, seiring upaya mencapai energi yang berkelanjutan," terang Emma.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Pertamina berkomitmen mencapai transisi energi dan menjalankan mandat dalam ketahanan energi.

BACA JUGA:Pertama di Asia Tenggara, Pertamina Patra Niaga Tersertifikasi Internasional Distribusi SAF

BACA JUGA:Percepat Transisi Energi, Pertamina-Hyundai Motor Company Sepakat Kembangkan Ekosistem Hidrogen di Indonesia

“Kolaborasi dengan NEXI merupakan salah satu upaya mendukung komitmen dalam mempercepat transisi energi yang berkelanjutan,” tambah Fadjar.

Kategori :