Pertama di Asia Tenggara! Ahli Urologi Indonesia Berhasil Operasi Jarak Jauh Jakarta-Bali dengan Telerobotik

Sabtu 31-08-2024,07:53 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : Fandi Permana

BACA JUGA:Masalah Gizi Tingkatkan Risiko Batu Ginjal, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Urologi Siloam Hospital ASRI

“Hari ini tentu menjadi momen bersejarah untuk dunia kedokteran di Indonesia, dimana ini merupakan telerobotic surgery pertama yang dilakukan secara mandiri oleh anak bangsa kepada pasien yang juga di Indonesia. Kami sebelumnya sudah melakukan 2 operasi dengan teknologi robotik di RSCM Kencana, dan hari ini kami melakukan operasi jarak jauh yang pertama di mana operator berada di RS I. G. N. G. Ngoerah sedangkan pasien berada di RSCM,” Ketua Kongres UAA 2024 dan Ketua tim Telerobotik Prof. dr. Ponco Birowo, SpU(K-Andro), PhD.

Di samping itu, Direktur Utama RSCM dr. Supriyanto Sp. B, FINACS, M.Kes menyampaikan, ujuan utama dari didatangkannya alat operasi jarak jauh ini untuk menyelesaikan kekurangan dokter ahli.

"Jadi misalnya nanti di Irian, kalau kita beli alat ini, alatnya ditaruh di sana operasinya dari sini, nggak apa-apa," kata Supriyanto.

Metode operasi menggunakan robotika sendiri telah lama dikenal dan memiliki keunggulan tersendiri, mulai dari minimnya sayatan dan tindakan lebih presisi.

"Operasi robot itu biasa, sudah lama di dunia. Dia lebih presisi kalau yang kecil-kecil daripada tangan manusia sehingga dipakai pada semua bidang. Dan yang sekarang kita lakukan bagaimana kalau operatornya nggak di rumah sakit di sini, di tempat mana pun, misalnya tadi di Bali," paparnya.

Kategori :