Punya 3 Lantai, Rusunawa UMJ Diresmikan Oleh Menko PMK dan Menteri PUPR

Minggu 01-09-2024,13:31 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

BACA JUGA:Parah! Ratusan Unit Rusunawa Marunda Dijarah, Wastafel hingga Kloset Ludes Digasak Maling

BACA JUGA:Tak Layak Huni, Warga Rusunawa Marunda Cluster C Direlokasi ke Rusunawa Nagrak

Selain itu, acara peresmian ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari Prof. Agus Suradika beliau merupakan guru besar UMJ yang berduet dengan Menteri PUPR, Dr. Basuki Hadimoeljono, dan Menteri PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy di atas panggung. Agus menampilkan kehebatannya bermain gitar, Menteri PMK menampilkan suara emasnya, sementara Menteri PUPR menunjukkan keahliannya bermain drum. Kolaborasi ini memukau para hadirin dan menambah kemeriahan acara peresmian.

Dalam sambutannya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengucapkan selamat atas peresmian Rusunawa UMJ dan menyampaikan terima kasih atas dukungan Kementerian PUPR terhadap Muhammadiyah. Menurutnya, pembangunan ini sangat bermanfaat sehingga ia mendorong adanya penambahan satu unit Rusunawa lagi. "Mudah-mudahan UMJ masih mendapat rezeki untuk penambahan lagi," kata Muhadjir, yang juga Ketua PP Muhammadiyah.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Lakukan Realisasi Pembangunan pada 2024 Capai 49,3 Persen 

BACA JUGA:Pastikan Infrastruktur IKN Berkualitas, PUPR Tingkatkan SDM Konstruksi Nasional Lewat Sertifikasi Onsite

Menanggapi hal tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan akan segera menambah satu unit Rusunawa bagi UMJ. Ia mengatakan bahwa salah satu program PUPR adalah membantu pembangunan prasarana pendidikan. "Kita akan tindaklanjuti mulai tahun ini, semua ini demi untuk membangun kualitas pendidikan," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PMK dan PUPR atas bantuan pembangunan Rusunawa bagi UMJ.

Ia menjelaskan bahwa Rusunawa ini akan digunakan untuk program SBS yang berada di bawah binaan UMJ, program yang lebih dikenal sebagai pesantren sepak bola.

BACA JUGA:Menteri PUPR Beberkan Sistem Pengolahan Sampah di IKN, Olah 5 Ribu Meter Kubik Limbah

BACA JUGA:Rusunawa di Komplek UMJ Tampung 140 Orang, Bakal Diresmikan Menteri PUPR

Program ini akan menampung siswa dari jenjang SMP, SMA, hingga mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Mereka akan fokus pada pendidikan formal dan pelatihan sepak bola.

Rektor UMJ juga berharap agar bantuan untuk pembangunan satu unit Rusunawa tambahan dapat segera terealisasi, guna memastikan program yang telah direncanakan dapat berjalan secara maksimal.

"Di lingkungan PTMA, kami mempunyai asosiasi pengelola Rusunawa. UMJ menempati urutan pertama dengan pengelolaan Rusunawa terbaik. Tentunya kami berharap Pak Basuki bisa menambah satu Rusunawa lagi," terangnya.

Menurut keterangan Direktur Jenderal Perumahan, Iwan Supriyanti, Kementerian PUPR telah membangun 2.300 tower Rusunawa di seluruh Indonesia, termasuk 12 Rusunawa yang diberikan kepada Muhammadiyah selama periode 2022 hingga 2024, berlokasi di DKI Jakarta, Yogyakarta, Riau, Sulawesi Tengah, Selatan, dan Tenggara.

BACA JUGA:Moge yang Dikendarai Menteri PUPR Basuki di IKN Ternyata Nunggak Pajak

Kategori :