Menuju Pilkada 2024, Kominfo Buat Satgas Anti Hoax bagi Para Cakada

Sabtu 14-09-2024,09:14 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Hoaks menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) periode 2024-2029. 

"Dengan platform, baru kemarin kami rapatnya, semua platform kita kumpulkan. Jadi kita akan menempati, mungkin minggu depan atau dua minggu lagi, agar hoaks oitu juga yang secara aktif oleh platform dimitigasi," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Prabu Revolusi pada Sabtu, 14 September 2024. 

Adapun, kata Prabu Revolusi , nantinya para calon kepala daerah  (Cakada) yang sudah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan di daftarkan ke semua platform yang ada.

BACA JUGA:Tagihan Suplier BBM Non Subsidi Belum Terbayar, PT Patra Logistik di-PKPU di PN Jakpus!

BACA JUGA:Sandiaga Uno Soal Sidang Kabinet di IKN, Ada Program Diteruskan Pemerintahan Selanjutnya

Kemudian, platform tersebut akan melakukan taging, sehingga informasi seputar kalau calon-calon tersebut akan dijaga lebih. 

Kemudian, akan kan ada tim khusus untuk memantau sekian ratus calon pimpinan daerah tersebut, sehingga kalau ada disinformasi atau hoaks itu bisa cepat direspons, bisa lebih cepat ditangani. 

"Intinya, kami akan sama-sama satu metode agar para pimpinan daerah ini akan langsung dimasukkan ke dalam sistem mereka," jelasnya. 

"Mereka taging, sehingga informasinya dipantau langsung oleh tim. Dan kalau ada hoax atau disinformasi seputar para pimpinan daerah tersebut akan ditangani lebih cepat," sambungnya. 

Prabu mengungkapakan untuk platform yang nantinya akan bekerja sama dengan satgas seperti YouTube, Meta, Tiktok, Google, Snake Video, dan X.

 

Kategori :