KPK Segera Lelang Sejumlah Kendaraan Mewah dalam Kasus Dugaan Korupsi Eks Bupati Kukar Rita Widyasari

Jumat 27-09-2024,16:25 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi berencana melakukan lelang pada sejumlah mobil mewah pada kasus mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari.

Beberapa kenedaraan yang akan dilelang adalah beberapa mobil mewah, seperti McLaren, Porche, Harley David, serta Vespa.

BACA JUGA:Meski Status Tersangka, KPK Perbolehkan Karna Suswandi Berkampanye di Pilkada Situbondo 2024

BACA JUGA:KPK Panggil Ketua DPRD Guna Dalami Dugaan Korupsi di Pemkot Semarang

Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu menjelaskan bahwa deretan kendaraan mewah tersebut merupakan bukti dari dugaan tindak pencucian uang (TPPU) yang menjerat Rita Wisyasari. KPK klaim bahwa proses lelang ini merupakan masuk pada tahap penyidikan, dan diperbolehkan.

"Karena nanti kan lelangnya ini akan dilaksanakan pada saat penyidikan gitu ya," ujar Asep dikutip pada Jumat, 27 September 2024.

Lebih lanjut, Asep mengungkapkan bahwa Direktur Pelacakan Aset Pengelolaan Barat Bukti dan Eksekusi (Labuksi Mungki Hadipratikto disebut sudah berkoordinasi dengan direkotrat penindakan mengenai rencana lelang tersebut. Untuk rencananya lelang ini akan dilaksanakn pada akhir tahun 2024, nanti.

Adapun, kata Asep, kendaraan roda empat berbagai macam jenis akan dilelang.

BACA JUGA:KPK Geledah Rumah Menteri Kabinet Jokowi, Temukan Uang Asing hingga Bukti Elektronik

"Mulai dari ada Porche-nya kalau tidak salah atau Mclaren kemudian ada yang lain. Kemudian juga ada roda 2 dari Harley-Davidson sampai scooter ya," imbuh Asep.

Sebelumnya, KPK menyita 91 kendaraan yang terdiri dari sepeda motor dan mobil mewah milik mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar).

Dalam penyitaan ini, KPK menyita sejumlah dokumen sebanyak 536 dokumen, bukti elektronik dan 91 unit kendaraan mewah. Tak hanya itu, KPK juga menyita 30 jam tangan mewah. 

Untuk merk dari kendaraan mewah tersebut sepeeti Lamborghini, McLaren, BMW, Hamar, Mercedez Benz.

Kategori :