Guntur Sasono Demokrat dan Annisa Mahesa Gerindra Ditunjuk Jadi Pimpinan Sementara DPR

Selasa 01-10-2024,11:31 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mengumumkan sidang pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD terpilih 2024-2029 ini dipimpin oleh Guntur Sasono dan Annisa Mahesa.

Politikus Partai Demokrat Guntur Sasono yang merupakan anggota DPR RI tertua itu berusia 78 tahun, sedangkan politikus Partai Gerindra Annisa Mahesa sebagai anggota termuda DPR RI itu berusia 23 tahun.

"Kami umumkan pimpinan sementara DPR RI adalah yaitu Ketua sementara saudara Guntur Sasono partai Demokrat dapil Jatim VIII," papar Indra.

BACA JUGA:Daftar Anggota Dewan Termuda dan Tertua Periode 2024-2029

BACA JUGA:Jelang Lawan SK Slovan Bratislava, Pep Guardiola: Kami Tak Mau Meremehkan Lawan

BACA JUGA:Klaim Kode Redeem Honor of Kings HOK Terbaru 1 Oktober 2024, Dapatkan Skin dan Item Menarik!

2 wakil ketua Sementara saudari Annisa Mahesa Partai Gerindra Dapil Banten II," kata Indra dalam ruang sidang, Selasa, 1 Oktober 2024.

Indra mengatakan penetapan pimpinan sementara DPR berdasarkan pada UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 17 Tahun 2014 Pasal 84 ayat 7 dan ayat 8. Bunyi kedua pasal itu adalah sebagai berikut:

Ayat 7: Selama pimpinan DPR sebagaimana dimaksud pada ayat 1 belum terbentuk, sidang DPR pertama kali untuk menetapkan pimpinan DPR dipimpin oleh pimpinan sementara DPR.

Ayat 8: Pimpinan sementara DPR sebagaimana dimaksud ayat 7 berasal dari anggota DPR yang tertua dan termuda dari fraksi yang berbeda.

BACA JUGA:Arzeti Bilbina Janji Fokus Penuhi Gizi Anak Nasional Setelah Dilantik Jadi Anggota DPR RI

BACA JUGA:Rekayasa Lalin Disiapkan saat Pelantikan Anggota DPR/MPR RI, Ini Titiknya

BACA JUGA:Dirjen AHU Cahyo R. Muzhar Sebut Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijners Bikin Timnas Indonesia Tambah Top!

Berdasarkan ketetapan KPU, anggota DPR terpilih berasal dari Fraksi Demokrat. Adapun DPR menerima penyerahan pimpinan per tanggal 25 September 2024 dari Demokrat yang menugaskan Guntur Sasono sebagai pimpinan sementara.

"Dan berdasarkan surat penyataan penyerahan pimpinan DPR RI dari fraksi Partai Demokrat tanggal 25 September. Sebagaimana pimpinan sementara DPR RI kepada anggota DPR RI terpilih dengan usia tertua berikutnya," ujar Indra.

Kategori :