Bahlil Lulus S3 di UI Hanya 1,5 Tahun Diungkap Faktanya, Resmi Raih Gelar Doktor dengan Pujian Cumlaude

Rabu 16-10-2024,19:33 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Bahlil tengah tranding topix di sosial media X. Bahlil yang dimaksud merupakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus Ketua Umum Partai Golkar itu, Rabu 16 Oktober 2024 ini, resmi mendapat gelar doktor.

Ia meraih gelar Doktor dalam program studi (Prodi) Kajian Strategik dan Global di Universitas Indonesia (UI).

Pemilik nama lengkap Bahlil Lahadalia itu, viral lantaran disebut lulus S3 hanya 1,5 tahun.

BACA JUGA:Bahlil Lulus S3 di UI Hanya 1.5 Tahun Diserbu Netizen: Menyala Kampus UI Kalian

Faktanya, Bahlil ditegaskan dari laman resmi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), berhasil lulus doktor dalam kurun waktu 1 tahun 8 bulan.

Di mana, dirinya tercatat masuk UI sebagai mahasiswa Doktoral pada 13 Februari 2023.

Calon menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran itu, dinyatakan lulus mendapat doktor dengan predikat cumlaude setelah menjalani sidang promosi yang dipimpin Prof Dr. I Ketut Surajaya, S.S., M.A.  

Bahlil lulus doktor lantaran mampu mempertahankan disertasinya di hadapan penguji yang terdiri Dr. Margaretha Hanita, S.H., M.Si., Prof. Dr. A. Hanief Saha Ghafur, Prof. Didik Junaidi Rachbini, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si., dan Prof. Dr. Kosuke Mizuno.

"Saya menyatakan saudara Bahlil Lahadalia lahir di Banda Maluku Tengah, Maluku tanggal 7 Agustus 1976, menjadi Doktor dalam bidang Kajian Strategik dan Global," kata Promotor Prof. Chandra Wijaya dalam sidang terbuka tersebut.

Adapun disertasi yang dipertahankan Bahlil bertema “Kebijakan, Kelembagaan & Tata Kelola Hilirisasi Nikel yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Indonesia".

BACA JUGA:Jumlah Kabinet Diprediksi Bakal Gemuk, Bahlil Sebut Hak Prerogatif Prabowo

Hadir menyaksikan sidang promosi doktor di antaranya, Wapres RI KH Ma`ruf Amin, Wapres ke-10 & 12 RI Jusuf Kalla, Ketua MPR Ahmad Muzani, Ketua DPD Sultan Bahtiar Najamudin, dan Wakil Ketua DPD Yorrys Raweyai.

Sejumlah tokoh Partai Golkar seperti Akbar Tanjung, Abu Rizal Bakrie dan Theo Sambuaga turut hadir menyaksikan sidang.

Selain itu, tampak hadir Wakil Ketua DPP Partai Gerindra Hasjim Djojohadikusumo.   

Prof. Chandra menyebutkan, Bahlil telah resmi menyandang gelar Doktor dan berhak menerima semua hal dan kehormatan berkaitan dengan gelar tersebut.

Kategori :