JAKARTA, DISWAY.ID - Kecerdasan buatan (AI) kini telah menyentuh segala aspek kehidupan, termasuk sektor ekonomi digital.
Dilansir dari data “Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam eCommerce di Asia Tenggara” yang diluncurkan Lazada bersama Kantar, tingkat penggunaan AI di Indonesia telah mencapai 70 persen.
BACA JUGA:Survei Lazada: Dua Pertiga Konsumen Gunakan AI Sebagai Rujukan Rekomendasi Belanja
BACA JUGA:Persaingan Pasar Semakin Sengit, Lazada Ungkap Kiat Pertahankan Bisnis Online agar Tetap Eksis
Menurut keterangan Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, hal ini menunjukkan kepercayaan dan penerimaan konsumen yang tinggi terhadap teknologi ini.
Tak hanya itu, 54 persen responden Indonesia juga memanfaatkan AI untuk mendapatkan rekomendasi belanja yang lebih personal.
Fitur-fitur GenAI terbaru Lazada dirancang dalam AI Lazzi, yang bertugas menjadikan belanja online lebih personal, interaktif, dan efisien dalam membantu pelanggan 24/7.
Hadir dengan kemampuan yang lebih canggih berkat dukungan teknologi Alibaba, AI Lazzie dapat membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan, memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, dan menjawab pertanyaan seputar belanja di Lazada.
BACA JUGA:Tingkatkan Daya Saing UMKM di Pasar Global, Kominfo Bersama Kemendag dan Lazada Gelar Pelatihan
BACA JUGA:Tingkatkan Daya Saing UMKM di Pasar Global, Kominfo Bersama Kemendag dan Lazada Gelar Pelatihan
"Melalui kolaborasi riset dengan Kantar, Lazada berkomitmen untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan akan pengalaman belanja terbaik. Fitur GenAI terbaru kami dalam AI Lazzie, didukung teknologi penerjemah AI Alibaba, Marco MT, memungkinkan interaksi yang lebih natural," ujar Amelia dalam acara Lazada Media Gathering, yang digelar di On3 Senayan, Jakarta, pada Kamis 7 November 2024.
Selain itu, Amelia menambahkan, AI juga telah membentuk cara baru bagi pelanggan dalam menemukan produk dengan memberikan rekomendasi yang terpersonalisasi dan pencarian produk yang lebih efisien.
Hal ini ditunjukkan dalam hasil riset Kantar menunjukkan 54 persen responden Indonesia memanfaatkan AI untuk mendapatkan rekomendasi belanja yang lebih personal. Fitur AI Lazada, AI Lazzie dan fitur rekomendasi cerdas membantu pelanggan menemukan produk yang relevan dengan preferensi dan riwayat belanja.
"Layaknya berbelanja dengan asisten pribadi yang akan membantu konsumen berbelanja, termasuk dalam menyambut berbagai promo belanja online akhir tahun di Lazada," ucap Amelia.
BACA JUGA:Tingkatkan Daya Saing UMKM di Pasar Global, Kominfo Bersama Kemendag dan Lazada Gelar Pelatihan