BACA JUGA:10 Kode Redeem FF Paling Baru dan Masih Aktif, Jumat 2 Mei 2025
Salah satu hasil dari rangkaian studi ini adalah kerangka kerja pemantauan dan evaluasi untuk program percontohan elektrifikasi Transjakarta .
Rencana untuk meningkatkan skala program ini menuju elektrifikasi penuh armada Transjakarta pada tahun 2030 kini telah resmi diadopsi, melalui Keputusan Gubernur No. 1053/2022.
Hal ini diproyeksikan akan mengurangi emisi sebesar 204.340 ton CO₂ , 58 ton PM2.5, dan 2.893 ton NOx per tahun.
“Program ini telah menciptakan strategi praktis dan dapat ditindaklanjuti untuk kota-kota yang lebih baik dan lebih inklusif,” kata Gonggomtua Sitanggang, Direktur ITDP Asia Tenggara .
“Rekomendasi dari program UK PACT–ITDP dimaksudkan untuk menginspirasi perubahan nyata dan membangun momentum, tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di kota-kota di seluruh Indonesia, dengan memperkuat kebijakan transportasi berkelanjutan dan memungkinkan penerapannya di seluruh negeri.”
BACA JUGA:Bongkar Judi Online! Bareskrim Sita Uang Rp75 Miliar, Otaknya WNA Cina
BACA JUGA:Pramono Targetkan 6.652 Ijazah yang Ditahan Sekolah Ditebus Tahun Ini
Program ini telah membantu membentuk kembali infrastruktur berkelanjutan yang inklusif. Di Dukuh Atas, Jakarta,
Misalnya, rekomendasi ITDP tentang integrasi fisik, seperti mengaktifkan kembali halte BRT Galunggung dan meningkatkan akses ke LRT Dukuh Atas, telah berhasil meningkatkan arus pejalan kaki di Terowongan Kendal sebesar 30% (dari 4.899/jam pada tahun 2022 menjadi 6.348/jam pada tahun 2024), dan memperbaiki Tingkat Layanan (LOS) jalan dari C ke B.
Jembatan Penyeberangan JPM kini melayani 100.000 pengguna per bulan dan berfungsi sebagai penghubung utama antara LRT dan KRL.
Di Halte Transjakarta Lebak Bulus, ITDP memfasilitasi uji coba kolaboratif untuk desain halte inklusif yang melibatkan organisasi disabilitas (PERTUNI dan GAUN), peneliti dari Universitas Indonesia, dan Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ).
Inisiatif ini menghasilkan penerapan sistem informasi inklusif, seperti peta braille, di 55 halte BRT, dan pemasangan peta braille di 144 halte, yang dirancang bersama dengan para ahli aksesibilitas.
Standar yang dikembangkan melalui uji coba ini secara resmi diadopsi menjadi kebijakan berdasarkan Peraturan Gubernur No. 2/2024, yang memperbarui Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk Transjakarta, menandai kemajuan signifikan dalam mobilitas perkotaan yang inklusif.
BACA JUGA:Pembunuh Kakak Dibekuk, Pelaku Sempat Senyum dan Lap Celurit di Depan Saksi
BACA JUGA:Ngaku Karyawan Swasta, MMB Ternyata Spesialis Maling Motor di Bekasi