Sidang Isbat: Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Amin Sebut Ini Idul Fitri yang Spesial

Sidang Isbat: Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Amin Sebut Ini Idul Fitri yang Spesial

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama istri.-Tangkapan Layar/Youtube/@Sekretariat Presiden-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022

Penetapan ini didasarkan pada keputusan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta, Minggu 1 April 2022. 

”Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag menyampaikan bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada pada posisi 4 derajat 0, 59 menit sampai dengan 5 derajat 33,57 menit," terang Menag dalam konferensi pers yang digelar usai Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H.

BACA JUGA:Presiden Jokowi dan Ibu Iriana: Selamat Berlebaran, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Usai penetapan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah dan berpesan agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan.

"Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah bersama keluarga dan sanak saudara tercinta, mohon maaf lahir dan batin,” kata Wapres Ma'ruf Amin melalui tayangan video pada Minggu 1 Mei 2022.

Wapres menyebut Idul Fitri kali ini menjadi spesial karena dirayakan bersama keluarga di kampung halaman setelah dua tahun harus dibatasi akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Lebaran, 675 Narapidana Langsung Bebas, 138.557 Lainnya Dapat Pengurangan Hukuman

”Alhamdulillah ikhtiar dan doa kita untuk mengendalikan sebaran Covid-19 diperkenankan Allah SWT sehingga tahun ini masyarakat Indonesia bisa kembali mudik, berlebaran di kampung halaman yang tentunya telah sangat dirindukan,” ungkap Wapres.

Namun Wapres mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tidak ketinggalan Wapres menyampaikan sejumlah pesan Idul Fitri 1443 Hijriah kepada masyarakat.

"Selama 1 bulan penuh kita menikmati indahnya bulan Ramadhan melaksanakan puasa dan memperbanyak ibadah lainnya, melatih pengendalian diri untuk melawan hawa nafsu serta mengasah kepedulian kita terhadap sesama dalam bingkai ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah," tambah Wapres.

BACA JUGA:Cerita Pemudik asal Ciamis Bawa Kambing dan Kucing

Seluruh amalan tersebut, menurut Wapres, insyaallah menjadi bekal bagi kita untuk menguatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Dan mengembalikan jiwa kita kepada jiwa yang fitrah, jiwa yang bersih laksana bayi yang baru lahir," kata Wapres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: