7 Strategi Cegah Penumpukan Lalu Lintas Arus Balik, Mulai dari One Way hingga Rute Alternatif

 7 Strategi Cegah Penumpukan Lalu Lintas Arus Balik, Mulai dari One Way hingga Rute Alternatif

Para pemudik di jl. Kalimalang, Jakarta -M. Ichsan-

Ketiga, Polri mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan rute alternatif dan tidak menunggu selesainya one way di entry gerbang tol, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan.

BACA JUGA:Bupati Kuningan Kecelakaan, Hantam Mobil dan Sepeda Motor

Keempat, Polri dengan stakeholders terkait melakukan implementasi manajemen tempat istirahat atau rest area, yakni Rest Area Management System (RAMS) untuk menginfokan kapasitas parkir kepada pengendaran sebelum masuk rest area.

Kelima, menghimbau masyarakat tidak berhenti di bahu jalan jika tidak dapat beristirahat di rest area. Diharapkan dapat memanfaatkan rest area yang berada di kota terdekat dengan keluar terlebih dahulu di gerbang tol terdekat

Keenam, Memastikan ketersediaan BBM, BBM modular atau pertashop, BBM Motorist, bengkel motorist, layanan top up, posko layanan, pasokan listrik.

BACA JUGA:Oknum Polisi Tuding Pedagang Air Mineral di Puncak Getok Harga, Harga Cuma Rp 7 Ribu Bikin Warganet Geram

Terakhir, Langkah pencegahan kemacetan saat arus balik ialah dengan meminimalisir hambatan di rute alternatif, sehingga kapasitas jalan bisa digunakan optimal oleh volume kendaraan yang dialihkan ke ruas-ruas jalan alternatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: